Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Pada Pengguna E-Commerce Jd.Id Di Wilayah Jabodetabek Berdasarkan Nilai Pelanggan Dan Diferensiasi Produk
(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini secara eksplisit bertujuan untuk menganalisis perbedaan kepuasan konsumen pada pengguna e-commerce JD.ID di wilayah Jabodetabek berdasarkan nilai pelanggan dan diferensiasi produk. Jenis penelitian ini dikaitkan dengan pendekatan penelitian analisis kuantitatif. Data berasal dari kuesioner sebagai sumber utama, studi literatur, dan browsing internet dari berbagai sumber yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriminan dengan alat pengolah data menggunakan aplikasi atau software SPSS Ver22. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Nilai Pelanggan dan Diferensiasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel Nilai Pelanggan merupakan variabel yang paling esensial (dominan) dibandingkan dengan variabel Diferensiasi Produk bagi pengguna e-Commerce JD.ID di wilayah Jabodetabek berdasarkan nilai koefisien fungsi diskriminan kanonik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, T., & Wiwaha, A. (2018). Pengaruh Deferensiasi Produk Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Goodtea Di Gajah Mada Plaza. E-Journal Widya Ekonomika, 2(1), 26-32.
Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469. doi:10.1108/09590550210445335
Gerson, R. (2010). Mengukur Kepuasan Pelanggan: Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu (1st Ed.). Jakarta: PPM - Bisnis2030.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM Statistik SPSS 23 (Cetakan VIII). Semarang: BPFE.
Harahap, M. I. (2018). Pengaruh Customer Experience, Customer Value, dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada Komunitas Sepeda Motor Yamaha Tipe NMAX Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Hubaullah. (2017). Pengaruh Diferensiasi Jasa Dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Jasa Freight Forwarding Pada PT Sandin Indonesia di Jakarta. Jurnal Citra Widya Edukasi, IX(2), 131-142.
Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291-296. doi:10.33480/jitk.v5i2.614
Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory Factor Analysis: Model Testing of Financial Ratio's with Decision Support Systems Approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp115-121
Husain, T., Sani, A., Ardhiansyah, M., & Wiliani, N. (2020, March). Online Shop as an interactive media information society based on search engine optimization (SEO). International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 68(3), 53-57. doi:10.14445/22312803/IJCTT-V68I3P110
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2019, Februari 28). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Dipetik Desember 2020, dari SkalaNews.com: https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media
Khoiroh, M., & Budiwati, H. (2019). Pengaruh Diferesiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Susu Kedelai Madu (Studi Kasus Pada Home Industri Susu “SKM” di Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang). Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 68-77.
Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Novianti, Endri, & Darlius. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VIII(1), 90–108. doi:10.22441/mix.2018.v8i1.006
Quintania, M., & Sasmitha. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 20(1), 26-38. doi:10.30595/medek.v0i0.9491
Ramadhan, T., Sumarjaya, I., Asih, N., & Kencana, I. E. (2018). Aplikasi Analisis Diskriminan Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Produk McCafe (Studi Kasus : McDonald’s Jimbaran Bali). E-Jurnal Matematika, 7(1), 50-55. doi:10.24843/MTK.2018.v07.i01.p184
Razak, I., & Prasevie, S. F. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajamen Bisnis Krisnadwipayana (JMBK), 6(2). doi:10.35137/jmbk.v6i2.187
Reski. (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Smartphone Samsung Terhadap Kepuasaan Konsumen Di kota Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negari Alauddin Makassar.
Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat Konsep Dasar dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputinda.
Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukawati, C. M., & Jatra, I. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Upaya Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan pada Hotel The Royal Pitamaha Ubud. E-Jurnal Manajemen, 4(10).
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahyudin, G. Z., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Customer Experience Dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Cafe What's Up Di Depok 2017). eProceedings of Applied Science. 3, hal. 571-578. Bandung: Telkom University
www. databoks.katadata.co.id
www. googleplaystore.com
https://infokomputer.grid.id
www. iprice.co.id
www.JD.ID.com
www.lancangkucing.com
Article Metrics
Abstract views: 518 | PDF views: 653Refbacks
- There are currently no refbacks.
© Journal of Business and Management |