Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Wardah Di Karanganyar Melalui Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek

Tiana Tiana(1*) , Linda Nur Susila(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Wardah melalui Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek. Periode  penelitian dilakukan di bulan Desember. Pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini populasinya adalah konsumen masyarakat Karanganyar. Accidental Sampling merupakan metode pengambilan sampel dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Uji kuestioner dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis dengan regresi linear berganda, uji t, uji F, uji determinasi, juga dilakukan uji asumsi klasik. Secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,009. Harga berpengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian ditunjukkan nilai  signifikansi 0,012, serta citra merek berpengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian ditujukkan signifikansi dengan nilai 0,001. Secara simultan kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian ditujukan dengan nilai F signifikansi 0,000. Kemampuan kualitas produk, harga, dan citra merek dalam menjelaskan keputusan pembelian sebesar 27 % sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya nilai adjusted R square sebesar 0,270 sedangkan sisanya 83 % dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti

Keywords


Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Bambang pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.

Bowo, K. A., Hoyyi, A., & Mukid, M. A. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA NOTEBOOK MEREK ACER (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Gaussian, 2(1), 29–38.

Erdalina, W., & Evanita, S. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga dan iklan televisi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek citra. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 3(1), 1–18.

Fadul, F. M. (2019). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite di Kota Yogyakarta. Hesti Ratnanigrum, 33-46.

Isnaini Nur, Susanto, H. R. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(1), 1–9.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Pratiwi, A. P., & Ridwan, H. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 383–398.

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rusdakarya.

Yulianty, Y., Setyawan, O., & Indrastuti, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lipstik Merek Wardah Di Kota Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(2), 142–155.


Article Metrics

Abstract views: 165 | PDF views: 167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ