Analisa Variabel Untuk Meningkatan Kepuasan Orangtua Siswa di TK dan KB SAYF EL FALAH

Tri Daryanto(1*) , Arif Syamsudin(2) , Anas Yusuf Mahmudi(3)


(1) Politeknik Manufaktur Ceper
(2) Politeknik Manufaktur Ceper
(3) Politeknik Manufaktur Ceper
(*) Corresponding Author

Abstract


SAYF EL FALAH adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang memiliki 2 layanan PAUD yaitu Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) dengan menerapkan kurikulum berbasis BCCT (Beyond Centers and Circles Time). Kurikulum ini  berupa metode pendidikan yang berpusat pada anak, yang dalam proses pembelajarannya pendidik mampu menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. SAYF EL FALAH akan mengukur dampak penerapan kurikulum tersebut melalui kepuasan orang tua siswa merupakan pelanggan dari suatu lembaga PAUD. Apabila orang tua siswa merasa puas dengan layanan lembaga PAUD, maka kepercayaan dan loyalitas orang tua siswa pada Lembaga PAUD semakin baik.

Sampel pada penelitian ini adalah orangtua dari para siswa yang telah lulus atau masih proses belajat SAYF EL FALAH. Data dari kuisioner yang didapatkan akan dilakukan Analisa menggunkan metode prosentase dan Analisa regresi liner untuk mengatahui bagaimana kepuasan para pengguna KB dan TK SAYF EL FALAH.

Tingkat kepuasan di KB dan TK SAYF EL FALAH sudah cukup baik. Kepuasan palinggi disebabkan oleh tingkat kualitas pengajaran yang telah diberikan oleh KB dan TK SAYF EL FALAH. Masih ada hal yang belum mampu memberikan kepuasan bagi para orangtua siswa yaitu masih kurangnya kreativitas pengajaran yang diberikan.

 


Keywords


Kualitas pembelajaran, kepuasan orangtua siswa, KB dan TK SAYF EL FALAH

Full Text:

PDF

References


Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.I, & Black, W.C, (1998), Multivariate Data Analysis, Englewood Cliffs, NJ; Prentice-Hall.

Hardiyanti, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa Agrowisata Kebun The Pagilaran). Skripsi. Ekonomi Manajemen. Universitas Diponegoro

Hesti Dwi Saptaningtyas. 2008. Kajian Kesesuaian antara Permintaan dan Penyediaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Non Formal di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Tesis.Universitas Diponegoro

Https://pusdiklat.perpunas.go.id

Prianto, Agus. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah (Studi pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 9 Nomer, https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/ jam/article/view/389

Saputri, Oktavika Dwi. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Wu, PCS. & Wang, Y. 2011. The influences of electronic word-of-mouth message appeal and message source credibility on brand attitude. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 23(4): 448-472


Article Metrics

Abstract views: 110 | PDF views: 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management