Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penawaran Marketplace Shopee Terhadap Perilaku Impulsive Buying

Elwina Ivane Angely(1*) , Andri Octaviani(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan sistem informasi akuntansi dalam penawaran Flash Sale, Paylater, dan Gratis Ongkir yang berpengaruh terhadap perilaku Impulsive Buying pada Karyawan Swasta pengguna Shopee di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Data penelitian dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 100 responden dengan menyebarkan kuesioner, kemudian di uji dengan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Flash Sale dan Gratis Ongkir berpengaruh positif signifikan terhadap Impulsive Buying. Sedangkan variabel Paylater berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Impulsive Buying. Hasil uji simultan diketahui secara bersama-sama variabel Flash Sale, Paylater, dan Gratis Ongkir memiliki pengaruh siginifikan terhadap Impulsive Buying. Hasil uji koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 11,3% mampu memengaruhi Impulsive Buying, dan sisanya 88,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


SIA, Flash Sale, Paylater, Gratis Ongkir, Impulsive Buying.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dila, H. A. A. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Impulsive Buying Secara Online dengan Muslim Self-Control Sebagai Variabel Moderating (Kajian Perspektif Ekonomi Islam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 618–629.

BPS Kota Surakarta. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa) 2022-2023.

Fadilah Andriani, Nur, N. (2023). Pengaruh Tampilan Produk Dan Gratis Ongkir Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion Dengan Diskon Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus : Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). 3(1), 312–332.

Febriana, I. (2021). Implementasi Konsep Sistem Informasi AKuntansi Pada PT Shopee Indonesia. AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi).

Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Fitur Pay Later dalam Aplikasi Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). SEMINAR NASIONAL FPMIPA, 489–494.

Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, Dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran” JawaTimur). Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3446

Lasiba, R. (2022). … Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada Aplikasi Shopee (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang …. 11(02), 20–29. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4968%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/4968/1/S1_FEB_21801082168_RISKI LASIBA.pdf

Natasia Pakpahan, R., & Budiman, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dalam E-Marketing Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1321–1330. https://doi.org/10.26418/jpkk.v11i9.57906

Similarweb. (2023). Top Marketplace Websites Ranking in Indonesia.

Supriadi, C. (2023, February 20). [Survei] Antusiasme dan Perilaku Belanja Masyakarat Indonesia.

Widianto, T., & Octaviani, A. (2020). Analisa Sikap Belanja Online Dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee. Excellent, 7(1), 37–46. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.624

Zhabrina Dude, N., Amir Isa, R., & L. Ismail, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dan Flashsale Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Journal of Management, 5(3), 358–363. https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.3067


Article Metrics

Abstract views: 146 | PDF views: 94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management