Peningkatan Kepuasan Pelanggan Kopi Nako Surakarta Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh masing-masing variabel. Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Kopi Nako Surakarta. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 100 orang responden dengan menggunakan teknik Acciddental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisa dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji koefisien determinasi R2 kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 60,4% dan sisannya 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini misalnya lokasi dan citra merek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, S., & Nurul‘Aini, Y. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse: Studi Pada Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis dan Digital, 1(2), 251-264.
Fitriani, D. (2023). Eksistensi budaya minum kopi dari era kolonial hingga era modern. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 114-119.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(1), 32-42.
Nizamuddin, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Trans Sumatera Agung Gatot Subroto Medan. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 167-181.
Novel, A. H., Kamanda, S. V., & Kusumayanti, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (CFC Batuaji Batam). Jurnal Al-Amal, 1(1), 26-32.
Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1091-1107.
Suryati, S. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM MEREK AQUA (Studi Konsumen di RW010 Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
©  Journal of Business and Management |  |