PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN PRICE, DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ESSENTIAL OIL DI RUMAH ATSIRI INDONESIA
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Green Product, Green Price, dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Essential Oil di Rumah Atsiri Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner terhadap 100 responden konsumen di Rumah Atsiri Indonesia yang di peroleh dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil olah data menunjukan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas terhadap seluruh pertanyaan yang ada terbukti valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa penelitian ini terdistribusi normal serta tidak terjadi adanya multikolinieritas dan heteroskedatisitas. Hasil dari persamaan regresi linier berganda dan uji t menunjukan bahwa variabel Green Advertising tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel Green Product dan Green Price berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji f menunjukan bahwa variabel Green Advertising, Green Price, dan Green Advertising secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkaan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai adjusted r square (Adjust R²) adalah sebesar 0,541.
Kata Kunci : Green Product, Green Product, Green Advertising dan Keputusan PembelianFull Text:
UntitledReferences
Daftar Pustaka
Aji, Esti Handayani (2012). Keanekarangan Jenis Gastropoda di Pantai Randusanga Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Skripsi FMIPA UNNES.
Akter, Seikh Farid Uddin, et al. (2012). "Dementia: prevalence and risk factors."International Review of Social Sciences and Humanities 2.2: 176-184.
Alniacik, U., &Yilmaz, C. (2012). The effectiveness of green advertising: Influences of claims specificity, product’s environmental relevance and consumers’ pro-environmental orientation. Econ o mic Inferences, 14 , 207-222.
Ankit, Andhi and Mayur, Roy. 2013. Green Marketing: Impact of Green Advertisng on Consumer Purchase Intention. Journal of Advances in Management. Volume:6. No.9, pp 14-17.
Ayu, Y. D. S. (2016). Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Produk Teh Siap Minum dalam Kemasan Karton Merek “Teh Kotak Jasmine†di Purworejo (Doctoral dissertation, Manajemen-Fakultas Ekonomi).
Banerjee, S., Gulas, C. S., &Iyer, E. (1995) Shades of green: a multidimensional analysis of environmental advertising. Journal of advertising, 24(2), 21-31.
Basu, Swastha. 2012. Manajemen Penjualan, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE
Crane, A. (2000). Facing the backlash: green marketing and strategic reorientation in the 1990s. Journal Of Strategic Marketing, 8(3), 277—296
Darmawan, E. I., & Widodo, A. (2019). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Image Terhadap Purchased Decision Cat Tembok Nippon Paint. eProceedings of Management, 6(3).
D'Souza, C., Taghian, M. and Lamb, P. (2006), "An empirical study on the influence of environmental labels on consumers".
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarng: Undip Semarang Salatiga Press.
Hanifah, A. D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Ijen Nirwana Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 23-32.
Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan†Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat.
Haryadi, hendi. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Jakarta Selatan : Transmedia Pustaka.
Jain, S. & Kaur, G. (2004). Green marketing: An attitudinal and behavioural analysis of Indian consumers. Global Business Review, 5(2), 187–205.
Jain, S. & Kaur, G. (2004). Green marketing: An attitudinal and behavioural analysis of Indian consumers. Global Business Review, 5(2), 187–205.
Jain, S. & Kaur, G. (2004). Green marketing: An attitudinal and behavioural analysis of Indian consumers. Global Business Review, 5(2), 187–205.
Jain, S. & Kaur, G. (2004). Green marketing: An attitudinal and behavioural analysis of Indian consumers. Global Business Review, 5(2), 187–205.
James F. Engel (1994), pengertian perilaku konsumen, dalam buku Perilaku Konsumen, Edisi 6 : jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.
Karna. Hansen, Juslin. 2001. Green Advertising, Greenwash or a true Reflection of Marketing Strategies. GMI
Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012, Marketing Management Fourteenth, United States of America, Pearson Education.
Makower, J., Elkington, J., Hailes, J. 1993. “The Green Consumerâ€. USA: Penguin Group.
McDaniel, S. and Rylander, D. (1993) Strategic Green Marketing. Journal of Consumer Marketing, 10, 4-10. http://dx.doi.org/10.1108/07363769310041929
Ottman, J. A., Reilly, W. R. 1998. Green marketing; Opportunity for innovation. Second edition. New Jersey: Prentice Hall.
Peter J. Paul dan Olson Jerry C. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy 9th. New York, USA: Mc Graw Hill.
Polonsky, M.J. (1994) An Introduction to Green Marketing. Electronic Green Journal, 1, 2-3.
Prakash A. 2000a. Greening the Firm: the Politics of Corporate Environmentalism. Cambridge University Press: Cambridge.
Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 121-131.
Rakhmawati, N. L. (2019). Pengaruh Green Product, Green Brand, dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE YKPN).
Rath, Ramesh Chandra. 2013. An Impact of Green marketing on Practices of Supply Chain Management in Asia: Emerging Economic Opportunities and Challenges. International Journal of Supply Chain Management, 1(2): 78 – 86.
Schiffman, Leon G. and Kanuk, Leislie Lazar, 2000. Consumer Behavior. Seventh Edition. USA :Prentice-Hall, Inc.
Smith, C. W., 1998. Pest plants of Hawaiian native ecosystems. University of Hawaii, USA: Department of Botany
Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, Cetakan Keenam.
Suharyadi dan Purwanto, 2004. Statistika Untuk Ekonomi & Keuangan Modern,
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Kedua. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ummar, Husein, 2003. “Metode Riset Perilaku Konsumen Jasaâ€, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia.
Widiana, M.E dan Sinaga, B. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Karya Putra Darwati.
Zinkhan, G.M. dan L. Carlson (1995), â€Green advertising and the reluctant consumerâ€, Journal of Advertising,
, 2, 1-5.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
©  Journal of Business and Management |  |