Marketing Strategy Based On Elasticity Analysis of Human Jamu Request in Surakarta City

Titi Purwantini(1*) , Endang Brotojoyo(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris tentang Strategi Pemasaran berdasarkan Analisa Elastisitas Permintaan JamuGendong di Kota Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah Data Harga Jamu Gendong, Jamu Herbal dan Pendapatan konsumen serta Permintaan. Terhadap Jamu Gendong. Teknik Pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling. Pada data Badan Pusat Statistik Surakarta dan Kementrian Perdagangan Surakarta. Teknik Analisis data terdiri dari pengujian Regresi Linier Berganda, Analisa Elastisitas dan Boston Consultan Group (BCG). Hasil Penelitian membuktikan bahwa berdasarkan Uji Regresi, Uji t dan Uji F. Harga Jamu Gendong berpengaruh negative tidak signifikan terhadap permintaan, Harga jamu Herbal berpengaruh positif signifikan terhadap permintaan demikian pula, Pendapatan berpengaruh positif signifikan. Dengan Analisa Elastisitas harga dihasilkan bahwa elastisitas permintaan jamu gendong in elastis, sedangkan Elastisitas permintaan Jamu Herbal Elastis. Berdasarkan Elastisitas Pendapatan. Jamu gendong bukan merupan kebutuhan pokok dan merupakan barang inferior. Sedangkan jamu Herbal dianggap sebagai barang mahal.

Keywords


Harga Jamu Gendong; Harga Jamu Herbal; Elastisitas; Boston Consultant Group

Full Text:

PDF

References


ArikuntoS.2000.ManajemenPenelitian,EdisiBaru.Jakarta:Rieneka Cipta. Badan Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Kementrian Perdagangan, 2009

Djarwanto PSdan Pangestu Subagyo, 2000, Statistik Induktif, Yogyakarta: BPFE

Engel JF,RogerDB, Paul WM. 1995.ConsumerBehavior. Florida: TheDryden press.

Ghozali,Imam, 2006, Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kusumaningtyas F. 2004. Perilaku Konsumen Jamu pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Pati Kabupaten Pati, Provinsi Jateng [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian,Institut Pertanian Bogor.

Mudrajat Kuncoro, 2007, Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

LianawatyM.2002.Analisis Pengadaan Persediaan Bahan Baku Jamu (simplisia) pada PT Leo Agung Raya Semarang [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Mujiyanto, 2010, Analisis Permintaan Daging Sapi di Kota Manokwari. Skripsi Universitas Manokwari

Permenkes No 003/Menkes/Per/I/2010 tentang Jamu

Pribadi Ekwasita Rini, 2009, Pasokan dan Permintaan Tanaman Obat Indonesia Serta Arah Penelitian dan Pengembangannya, Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik Indonesian Medicinal and Aromatic Crops Research Institute

Purwantini, 2015, Customer Loyality Analysis of Jamu gendong in Surakarta, America : EJBM

Rahmawaty, 2012 Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Jamu Gendong Di Dusun Kiringan, Canden, Jetis Kabupaten Bantul, Jurnal, Yogya: UNY

Rihard, 2003, Pengantar Ekonomi Mikro, Binaupa Aksara

ShinOda,2013, Pengembangan Jamu Sebagai Warisan Budaya, Biofarmaka IPB

Saefuddin, 2001, Pengantar Mikro, Universitas Islam Jakarta

Sekaran, Uma. 2006. Reseach Methods For Business (metodologi Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Sukirno, 2012, Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Edisi ketiga, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada

Sunyoto, 2013 , Ekonomi Manajerial (Konsep Terapan Bisnis), Jakarta : Centre for Academic Publishing Service (CAPS)

Supranto, 2000, StatistikTeori dan Aplikasi,Jakarta: Erlangga

Sumarwan, 2009, Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Jamu Gendong Di Kota Sukabumi, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi., Agustus 2009, p : 174-184 Vol. 2, No. 2. ISSN : 1907 – 6037 , Institut Pertanian Bogor

Warta eksport edisi September 2014


Article Metrics

Abstract views: 238 | PDF views: 475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management