Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Suzuki NEX II Indosolo Motor Jajar Surakarta

Meilis Tarida Br Simanjuntak(1*) , Basuki Sri Rahayu(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa dan memberikan bukti empiris Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Suzuki Nex Indosolo Motor Jajar Kota Surakarta. Analisa yang digunakan meliputi uji instrumen: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Pada Dealer Motor Suzuki Indosolo Jajar Kota Surakarta populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer motor matic Suzuki Nex Indosolo Motor Jajar Surakarta dengan jumlah sempel sebesar 100 responden. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk, merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa: variabel kualitas produk, merek dan harga secara parsial berpengaruh signifikan. Hasil uji F menunjukkan secara bersama-sama variabel kualitas produk, merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (R2) dari hasil perhitungan diperoleh nilai Adjusted menunjukan bahwa kualitas produk, merek dan harga sebesar 0,411 artinya variabel kualitas produk, merek dan harga mampu menjelaskan 41,1% sedangkan sisanya 58,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut diteliti, misalnya: kualitas pelayanan, promosi, kemudahaan memperoleh barang, lokasi dan lain lain.

Keywords


Kualitas Produk; Merek; Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


A, Shimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha dan Irawan. 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Ervanto, Ricky andi. 2013. Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di PT. Harpindo Jaya Sampangan semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler,P dan Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi. 13. Erlangga.

Krismanti, Aci dan Nunik Kusnilawati. 2013. Analisis pengaruhi harga, promosi dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Non Matic. Semarang: Universitas Semarang.

Kuncoro, Mudrajat. 2007. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta.

Malhotra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi. Keempat. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Onsu, Rosalia, Hendra Tawas dan Lisbeth Repi. 2015. Pengaruh atribut, citra merek, dan strategi promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor di Dealer Yamaha Ranotana. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2000. Perilaku Konsumen. Edisi ke Tujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Soewito, Yudhi. 2013. Kualitas produk, merek dan desain pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapti. W. 2010. Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana University Press.

Yuliantono, Bayu dan Khuzaini. 2013. Pengaruh produk, harga, promosi, layanan terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor kawasaki. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).


Article Metrics

Abstract views: 497 | PDF views: 387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ