Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kabupaten Sukoharjo

Berliando Shige(1*) , Hariyanti Hariyanti(2) , Erna Tiningrum(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen mobil Toyota Avanza di Kabupaten Sukoharjo, dengan metode kuesioner terhadap 100 responden konsumen mobil Toyota Avanza di Kabupaten Sukoharjo yang di peroleh dengan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil olah data menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas terhadap seluruh pertanyaan yang ada terbukti valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa penelitian  ini terdistribusi normal serta tidak terjadi adanya multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Hasil dari persamaan regresi linier berganda dan uji t menunjukkan bahwa variabel produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel tempat dan promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel  produk, harga, tempat dan promosi bersama-sama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza Di Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi nilai Adjusted R Square(Adjust R2) adalah sebesar 0,601.

Keywords


Produk; Harga; Tempat; Promosi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alfian B. 2012. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomo dan Bisnis Universitas Hassanudin”.

Bennet, R.,Anthony. 1997. The Five Vs – a buyer’s Perspective of The MarketingMix. Marketing Intelligence & Planning, 15(3): pp: 151-156

Buchari Alma, , 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit CV.Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

_____. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryadi,Rudi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix. Journal of Economic and Business. Vol.4, No.7. Hal:52-72.

Haryoso, P..2010. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening”. Journal of Service Marketing,7(1): h: 66-79.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2001. Prinsip- Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid kedua. (10th ed). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran: Buku 1 Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Nabhan, Faris dan Enlik Kresnaini. 2005. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Rumah Makan Di Kota Batu. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol.6 No.3.

Oetama, Seanawati. 2011. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Motor Honda di Sampit”. Jurnal Ilmu Sosial, 3(1): h:40-53.

Hendri Sukotjo dan Sumanto Radix A, 2010, Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place,Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol.1, No. 2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Santosa, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta. Gramedia.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swasta, Basu dan Irawan. 2002. Azas-azas Marketing. Edisi Ketiga. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.


Article Metrics

Abstract views: 567 | PDF views: 487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management