Analisis Harga, Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Toko Batik Prami Surakarta

Endang Saryanti(1*) , Nani Irma Susanti(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan atribut produk terhadap keputusan pembelian batik di Toko Batik Prami Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Alat analisis data dengan: uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda,uji t, uji F dan uji R2. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa harga, citra merek dan atribut produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukan bahwa: harga, citra merek dan atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukan secara bersama-sama variabel harga, citra merek dan atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (R2) dari nilai Adjusted R Square didapatkan hasil sebesar 0,643 yang berarti keputusan pembelian batik di Toko Batik Prami Surakarta mampu dijelaskan oleh variabel harga, citra merek dan atribut produk sebesar 64,3% sedangkan sisanya 35,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak ikut terobservasi. Sebagai contoh: lokasi dan promosi.

Keywords


Harga; Citra Merek; Atribut Produk dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Djaslim Saladin, 2008, Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Kerya.

Henry Simamora, 2009. Metode Sumber Daya Manusia, Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Jilit I. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga.

Tawas, Sindy. 2013. Atribut Produk, Harga dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil Toyota Vios Di PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1329-1340.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI


Article Metrics

Abstract views: 394 | PDF views: 290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ