Analisis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus di Dealer Nasmoco Ring Road Solo)

Richwanda Dwi Prasetyo(1*) , Ambar Wariati(2)


(1) Program Studi S1 Akuntansi, STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Program Studi S1 Akuntansi, STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat terhadap keputusan pembeli pada dealer nasmoco ringroad solo. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli dealer nasmoco ringroad solo. yang jumlahnya tidak teridentifikasikan. Teknik pengampilan sampel penelitian ini adalah stratified random sampling yaitu dengan mengambil sampel dengan memperhatikan stara (tingkatan dalam populasi). Berdasarkan jumlah populasi yang ada maka sampel dalam penelitian ini diambil 105 pengunjung. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari, pengujian instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil penelitian ini membuktikan hasil regresi pada persamaan regresi bahwa Y = 0,718 + 0,257X1 + 0,187 X2 + 0,438 X3 + 0,323 X4 artinya Produk, Harga, Promosi dan Tempat berpengaruh positif terhadap keputusan pembeli. Hasil uji t menunjukkan bahwa Produk, Harga, Promosi dan Tempat berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembeli pemegang polis. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Produk, Harga, Promosi dan Tempat mempengaruhi variabel keputusan pembeli secara signifikan. Hasil uji R2 (koefisien determinasi) diketahui bahwa variabel Promosi, Tempat, Produk dan Harga mampu menjelaskan sebesar 93,3% terhadap variabel keputusan, sedangkan sisanya sebesar 6,7% dijelaskan oleh variabel lain seperti kualitas produk, citra merek, dan loyalitas pelanggan.

Keywords


Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Harga; Tempat; Promosi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Akdon, dan Riduwan, 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta.

Bennet, R.,Anthony. 1997. The Five Vs – a buyer’s Perspective of The MarketingMix. Marketing Intelligence & Planning, 15(3): pp: 151-156

Buchari Alma, , 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit CV.Alfabeta.

Djarwanto PS, dan Subagyo, Pangestu. 2005. Statistik Induktif. Edisi Kelima. Yogyakarta : BPFE.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Undip.

Gujarati, Damodar. 2001. Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Haryadi,Rudi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix. Journal of Economic and Business. Vol.4, No.7. Hal:52-72.

Haryoso, P..2010. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Interveningâ€. Journal of Service Marketing,7(1): h: 66-79.

Hasan, Ali. 2008. Marketing cet. 1.Yogyakarta: Media Pressindo

Jogiyanto, Hartono. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi 2004-2005, Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip.1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian. Jilid 1 dan 2. JakartaPT. Prenhallindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009.Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta:Indeks.

Kotler, Philip. 2007.Manajemen Pemasaran.Jakarta: PT. IndeksJasa.Bayumedia

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.


Article Metrics

Abstract views: 573 | PDF views: 283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ