Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Surakarta

Nomi Wahyu Hartono(1*) , Murni Sulistyowati(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan secara online kepada responden yang terdaftar sebagai pengguna layanan Telkomsel di Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesis dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa citra merek, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 25% sedangkan sisanya 75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Keputusan Pembelian, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Harga

Full Text:

Untitled

References


A.B. Susanto dan Hilmawan Wijanarko. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta : Mizan Publika Jakarta.

Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., dan Hasiholan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, Vol. 4, No. 4.

Apriliyanto, Aldo. (2017). Analisis Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Coffee Toffee (Studi Kasus di Outlet Coffee Toffee Cabang Malang) (Skripsi).

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. (2010). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Andrianto, H. N. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MVP Toyota Kijang Innova di Semarang. Diponegoro Journal of Management, Vol. 2, No. 3, pp 1-10.

Angipora M. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Anwar, R., dan Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 14, No. 2, pp 155–168.

Arumsari, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Skripsi).

Bilson Simamora. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cannon, J. P., William, D. P. Jr., & McCarthy, J. (2008). Pemasaran Dasar-Dasar: Pendekatan Manajerial Global (Edisi Keempat). Jakarta: Salemba Empat.

Chaves, Julius Caesar. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan cuaca terhadap keputusan pembelian susu sapi segar siap minum dalam kemasan milik Kena Milk (Skripsi).

Deisy, Malonda, Joyce Lapian dan Yunita Mandagie. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian handphone Samsung pada seluruh gerai - gerai seluler di IT Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 No.4, pp 2288- 2297.

Durianto, Darmadi, Sugiarto dkk. (2004) Brand Equity Tren Strategy Memimpin Pasar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

DH.Basu Swasta dan Irawan. (2002). Manajemen Pemasaran Modern (Edisi Keempat). Jakarta: Liberty.

Ferdinand, A. (2006). Metode Peneltian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : UNDIP

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2, pp 2221-2229.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Harahap, Dedy Ansari. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan, Vol. 7, No. 3.

Hasan, Ali. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Hoeffler, S. & Keller, K. L. (2003). The Marketing Advantages of Strong Brands. Diponegoro Brand Management, Vol. 10, No. 6.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/23/telkomsel-raja-operator-seluler-indonesia#

Husein Umar. (2000). Research methods in finance and banking. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2005) Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas Jilid 1 dan 2). Jakarta: PT. Intan Sejati Klaten

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Keduabelas Jilid 1). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. (Edisi 13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis (Cetakan ke-2). Jakarta: PPM.

Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek The Botol Sosro (Skripsi).

Listyawati, Indri Hastuti. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, Vol. II, No. 1, pp 37-52.

Machfoedz. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Unit Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Manampiring, Andrew F., & Trang, Irvan. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Tempat Terhadap Pembelian Mobil di PT. Astra International Tbk. Malalayang. Jurnal EMBA, Vol. 4, No. 1, pp 472-483.

Mullins, Orville, Larreche dan Boyd. (2005). Marketing Manajemen : A Strategic Decision Making Approach (6th edition). New York City: McGraw-Hill.

Perwira, F. T., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris pada PT. Nasmoco Gombel Semarang.

Resmi, Nanda & Tri Wismiarsi. (2015). Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Stieus, Vol.II, no. 1.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Silviana, M. (2012). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Wall’s Pada Siswa SMP dan SMA Di Kota Padang

Singarimbun, M & Effendi, S. (1995). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi kedua). Bandung: Alfabeta

Supriyono, K., Hasiolan, L. B., & Warso, M. M. (2014). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Pada Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB) City di Semarang.

Santoso, S. (2001). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern (Cetakan Kelima). Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Irawan. (2005). Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Sweeney, J.C., Soutar, G.N., & Johnson, L. W.. (1998). “Consumer perceived value: Development of a multiple item scale, American Marketing Association Conference Proceedings, 9, 138.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Telekomunikasi Seluler. (2018). Annual Report 2018. Retrieved from https://www.telkomsel.com/

Wicaksono, Bagas Fikri. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian layanan internet yang dimediasi oleh minat beli (Skripsi).

Widiyanto, I.(2008). Pointers: Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip.

Widyasari, S. & Fifilia, E. S. (2009). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Perumahan Graha Estetika Semarang). Jurnal TEMA, Vol 6, No. 2, pp 159-169.

Wijaya, M. H. P. (2013). Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4.

Zahra, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merk terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transport ojek online (studi pada pelanggan Gojek di kota Yogyakarta) (Skrpsi)


Article Metrics

Abstract views: 2043 | Untitled views: 1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management