Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Batik Keris Surakarta
(1) STIE Adi Unggul Bhirawa
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Batik Keris Surakarta. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan jumlah sampel 100 responden, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Batik Keris Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan secara parsial tempat dan harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Produk, tempat, promosi, dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Batik Keris Surakarta. Sedangkan variabel promosi paling dominan. Uji determinasi diperoleh nilai 0,408, dan loyalitas pelanggan dapat dipercaya oleh variabel penelitian ini sebesar 40,8% dan sisanya oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Abdussalam, Nuzula. 2018. Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Studi Kasus Pada Dealer Eka Prima Surabaya. Diambil dari: http://digilib.uinsby.ac.id/26292/ (12 November 2020)
Dzikrina, Azizah. 2015. Pembinaan Keagamaan Di Komunitas Musik Metal Heavenholic (Studi Kasus Di Komunitas Heavenholic Bandung). Diambil dari: http://repository.upi.edu/20438/5/S_PAI_1106384_Chapter3.pdf (12 November 2020)
Fajar, SR. 2016. Analisis Manajemen Operasional dalam Peningkatan Mutu Produk pada Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Ampel Surabaya. Diambil dari: http://digilib.uinsby.ac.id/7008/ (9 November 2020)
Fanany, Faishal. 2014. Pengaruh Brand Image dan Service Quality Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Pada PT. Mitra Pinasthika di Surabaya. Diambil dari: https://docplayer.info/49194723-Pengaruh-brand-image-dan-service-quality-terhadap-loyalitas-melalui-kepuasan-pelanggan-faishal-fanany-hening-widi-oetomo.html (11 November 2020)
Hasanah, Nurul. 2019. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha Suryanata Motor Amuntai. Diambil dari: http://ojs-inovatif.web.id/index.php/ANI2018/article/view/8/8 (7 November 2020)
Hidayatulloh, Syarif. 2013. Hubungan Citra Merek dengan Loyalitas Pelanggan IM3 di Kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Diambil dari: http://etheses.uin-malang.ac.id/1775/6/06410081_Bab_2.pdf (12 November 2020)
Indonesia. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia: Sektor Industri Masih Jadi Andalan PDB Nasional. 2020. Diambil dari: https://kemenperin.go.id/artikel/21922/Sektor-Industri-Masih-Jadi-Andalan-PDB-Nasional (21 Oktober 2020)
Indonesia. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia: Selain Padat Karya, Industri Batik Punya Orientasi Ekspor. 2019. Diambil dari: https://kemenperin.go.id/artikel/21115/Selain-Padat-Karya,-Industri-Batik-Punya-Orientasi-Ekspor (22 Oktober 2020)
Indonesia. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia: Sepanjang 2019, Sektor Industri Unggulan Tumbuh Melesat. 2020. Diambil dari: https://kemenperin.go.id/artikel/21492/Sepanjang-2019,-Sektor-Industri-Unggulan-Tumbuh-Melesat (22 Oktober 2020)
Ivan, Riady. 2011. Pengaruh Sertivikasi Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diambil dari: http://e-journal.uajy.ac.id/2639/ (9 November 2020)
Jerremia, Kurniawan. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan. Diambil dari: https://repository.maranatha.edu/25116/ (12 November 2020)
Juniardi, Asdin. et al. 2018. The Influence of Marketing Mix Strategies to Customer Satisfication and Customer Loyalty in Novotel Grand Shayla City Center. Diambil dari: https://feb.unhas.ac.id/jurnal/index.php/hjabe/article/view/130 (11 November 2020)
Kotler dan Keller. 2009. Marketing Management. Edisi 13, Europe Edition. Pearson Prentice Hall
Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid I. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Muchlis, Imam. 2015. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Batik Danar Hadi Surakarta. Diambil dari: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38670 (12 November 2020)
Noviyani, Fitria. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan (Agen/Reseller) Roti Brian PT. Nissin Biscuits Indonesia di Kabupaten Semarang. Diambil dari: http://www.ejournal.undaris.ac.id/index.php/biceser/article/view/159 (7 November 2020)
Othman, Bestoon. et al. 2019. The Influences of Service Marketing Mix on Customer Loyalty towards Umrah Travel Agents: Evidence from Malaysia. Diambil dari: http://growingscience.com/beta/msl/3121-the-influences-of-service-marketing-mix-on-customer-loyalty-towards-umrah-travel-agents-evidence-from-malaysia.html (12 November 2020)
Putra, Giri S. 2019. Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P (Suatu Studi Pada CV. Sportwear di Kota Bandung). Diambil dari: http://repository.unigal.ac.id/bitstream/handle/123456789/484/artikel%20giri%20sumantri%20putra.pdf?sequence=1&isAllowed=y (10 November 2020)
Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Diambil dari: https://www.academia.edu/30571207/Peranan_Bauran_Pemasaran_Marketing_Mix_terhadap_Peningkatan_Penjualan_Sebuah_Kajian_terhadap_Bisnis_Restoran (11 November 2020)
Rahmawati, Dini., et al. 2019. Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry Dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery. Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/5024/3017 (10 November 2020)
Reynaldi, Gede., dan Ni Wayan Suprapti. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek Honda di Kota Denpasar. Diambil dari: https://www.neliti.com/id/publications/255202/pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-loyalitas-pelanggan-mobil-merek-honda-di-kota (11 November 2020)
Ridwan, Muhamad Fauzi. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan di PD Pasar Resik Unit Cikurubuk Tasikmalaya. Diambil dari: http://digilib.uinsgd.ac.id/19303/ (12 November 2020)
Rinaldi, Ferry. 2015. Konsep Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix). Diambil dari: https://www.kembar.pro/2015/07/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran.html (10 November 2020)
Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Singh, M. 2012. Marketing Mix of 4P'S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), 3, 40-45
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprapti, Ni Wayan., dan Gede Hadi. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek Honda di Kota Denpasar. Diambil dari: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/27035 (23 Oktober 2020)
Syaidah, Evi dan Tontowi. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Diambil dari: https://core.ac.uk/reader/291814370 (12 November 2020)
Syarifuddin, Ahmad dan Akramunnas Mahesa. Bauran Pemasaran dan Sharia Compliance Terhadap Loyalitas Pelanggan. Diambil dari: http://103.55.216.56/index.php/lamaisyir/article/view/13317 (12 November 2020)
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Utama, Iston Dwija. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Diambil dari: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/3829/0 (7 November 2020)
Wibowo, DH. et al. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Diambil dari: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172 (9 November 2020
Article Metrics
Abstract views: 801 | Untitled views: 457Refbacks
- There are currently no refbacks.
© Journal of Business and Management |