Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Ditinjau dari Aspek Kreativitas, Kemandirian, Gaya Belajar dan Fasilitas Belajar

Nur Atik Juwanti(1*) , Ida Aryati DPW(2) , Sarsono Sarsono(3)


(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bertujuan guna mengetahui serta membuktikan secara empiris aspek kreativitas, kemandirian, gaya belajar serta fasilitas belajar baik secara simultan ataupun parsial kepada prestasi belajar murid SMK Negeri 1 Sragen. Riset ini yakni riset kuantitatif yang menggunakan angket kuesioner dalam melakukan riset, dengan populasi yaitu murid kelas Akuntansi di SMK Negeri 1 Sragen totalnya 180 murid. Teknik sampling memakai Purposive Sampling, dengan sampel 50% dari populasi, yaitu 180x50%= 90 responden. Model analisis yang digunakan ekonometrika dengan menggunakan model Multiple regression, uji t, uji F, juga uji koefisien determinasi. Hasil riset menerangkan bahwasanya kreativitas, kemandirian, gaya belajar serta fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kreativitas memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kemandirian memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Gaya belajar memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Fasilitas belajar memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kreativitas merupakan pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Saran dalam riset ini yakni murid harus meningkatkan kreativitas agar dapat menyerap informasi secara maksimal, karena merupakan variabel paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar.


Keywords


Kreativitas; Kemandirian; Gaya Belajar dan Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar Murid

Full Text:

PDF

References


Abdurrohman, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, hlm,37

Achmad, Dinar1 dan Bernard, 2020. Pengaruh Keaktifan Belajar, Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP. Issues in Mathematics Education (hal. 11 – 17) Vol. 4. No. 1, Maret 2020 http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Ahmadi, 2016. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada., h.34

Arikunto, Suharsini, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi ketiga.

Asrori, Mohammad, 2016. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman anak-kanak. Jakarta: Grasindo, 2006, hal. 41-44

Bobby De Porter dan Mike Hemacki, 2011. terjemahan Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning nyaman dan menyengkan (Bandung: Kaifa, 2011), hal. 110-111

Cynthia, Martono & Indriayu, 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS DI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 4 Maret 2019

Dimyanti dan Mudjiono, 2012. BelajardanPembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta,hal.18

Djamarah, S.B, 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006) ,hlm 45.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, 1 (2), pp. 86-101.

Ghozali, Imam, 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Jakarta: Salemba Empat

Gujarati, Damodar, 2018. Ekonometrika Dasar. Erlangga. Jakarta.

Hamzah B. Uno, 2018. Model Pembelajaran Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm 213

Handoko, T. Hani, 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta : BPFE

Hardika, Aisyah & Gunawan, 2018. Facilitative Learning to Improve Student Learning Creativity. rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018) (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).

Janah & Darminto, 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo. Jurnal Ekuivalen Vol. 2 No. 3 Hal.167-171

Jiboye, Salaudeen & Adejumo, 2019. Mental ability, Self-esteem and Learning Styles as Correlate of Creativity among High Achieving Secondary School Students in Oyo State. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 4, Issue 4, May, 2019

Jindal & Snape, 2018. The impact of creative learning environments on learners: A systematic literature review. Improving Schools 16(1) 21–31 sagepub.co.uk/journals Permissions.nav DOI: 10.1177/1365480213478461

Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kuncoro, Mudrajad, 2018. Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi 1, AMP YKPN, Yogyakarta

Marzuki1, Asih, And Wahyudin, 2019. Creative thinking ability based on learning styles reviewed from mathematical communication skills. Journal of Physics: Conf. Series 1315 (2019) 012066 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1315/1/012066

Mulyasa, 2014. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosyada Karya.

Nasution, 2019. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019), hal. 94

Ningsih & Nurrahmah, 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 73-84, 2016 ISSN: 2088-351X

Nja, Umali, Asuquo and Orim, 2019. The influence of learning styles on academic performance among science education undergraduates at the University of Calabar. Academic Journal Vol. 14(17), pp. 618-624, November, 2019 DOI: 10.5897/ERR2019.3806 Article Number: 91D939C62312 ISSN: 1990-3839

Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi & Taiyeb, 2017. Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Edisi April 2017

Prihatin, 2017. Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 6, Nomor 5, Tahun 2017

Rambe, Kons & Yarni, 2019. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal JRPP, Volume 2 Nomor 2, Desember 2019 P-2655-710X e-ISSN 2655-6022

Santoso, Singgili, 2015. Buku Latihan SPSS Statistik parametik, Edisi Pertama, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Setyowati, Munoto, Anifah, Rijanto & Nurlaela, 2020. Optimalisasi Prestasi Belajar Melalui Sikap Kemandirian Belajar Siswa SMK Jurusan Multimedia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 17, No. 1, Januari 2020 P-ISSN : 0216-3241 E-ISSN : 2541-0652

Skinner, 2013. Proses Belajar Mengajar cet III. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Slameto, 2012. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono, 2018. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, CV. Alpabeta, Bandung.

Sumanang1, Suyitno, Sudarsono, 2019. The Influence of Learning Style and Creativity Toward Student Achievement Index. Proceeding of The 2nd International Conference on Education (ICE) Vol. (2), No. (1), (2019) 27-28 September 2019, FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo ISBN. 978-602-50654-0-8

Suryosubroto, 2014. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Tahar, I & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (2), pp. 91-101

Wulandari & Muhiddin, 2019. Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI hal. 258-261 ISBN 978-602-50654-0-9.

Zakaria, Harapan & Puspita, 2020.The Influence of Learning Facilities and Motivation On Student’s Achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) ISSN: 2509-0119 Vol. 20 No. 2 May 2020, pp. 284-290




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v1i1.1170

Article Metrics

Abstract views: 117 | PDF views: 72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats