Strategi Brand Affect Terhadap Brand Loyalty yang dipengaruhi Social Media Marketing dan Trust pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta

Aris Tri Haryanto(1*) , Fitri Wulandari(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruh Social media marketing dan trust terhadap brand affect dan brand loyalty Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi penelitian pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta di Kabupaten Karanganyar. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian ini adalah nasabah Asuransi BNI Life pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Variabel independen terdiri dari Social media marketing dan trust sedangkan variabel intervening adalah Brand affect dan variabel dependen adalah brand loyalty. Hasil analisis menunjukkan: Social media marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand affect di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand affect di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Brand affect berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Hasil uji secara serempak (Uji F) pada persamaan kedua diketahui besarnya nilai F = 40,282 signifikansi 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama bahwa Social media marketing, trust dan brand affect berpengaruh signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Hasil R2 total varianel dependen Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta dijelaskan oleh variabel Social media marketing, trust, dan Brand affect sebesar 80,8% dan sisanya 19,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian yaitu lokasi, brand image, dan sebagainya. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Pengaruh langsung Social media marketing terhadap brand loyalty lebih besar dari pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan brand loyalty lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung trust terhadap brand loyalty lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan brand loyalty lebih efektif melalui jalur langsung.


Keywords


Social media marketing; Trust; Brand affect; Brand loyalty

Full Text:

PDF

References


Ahin, A., Zehir, C., & Kitapci, H. 2016. The Effects of Brand Experiences, Trust and Satisfaction on Building Brand Loyalty: An Empirical Research On Global Brands. Procedia Social and Behavioral Sciences Vol.24, 1288-1301.

Chauduri, A., & Holbrook, M. B. 2016. The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand LOyalty . Journal of Marketing, 81-93.

Chuan Huat Ong, Salniza Md. Salleh, & Yusoff, R. Z. 2015. Brand Experience, Trust Components, and Customer Loyalty : Sustainable Malaysian SME Brands Study. Asian Social Science; Vol. 11 No. 26, 252-266.

Delgado-Ballester, E. 2014. Applicability of a brand trust scale across product categories A multigroup invariance analysis. European Journal of Marketing Vol. 38 No. 5/6, 573-592.

Geçti, F., & Zengin, H. 2013. The Relationship between Brand Trust, Brand Affect, Attitudinal Loyalty and Behavioral Loyalty: A Field Study towards Sports Shoe Consumers in Turkey. International Journal of Marketing Studies; Vol. 5, No. 2, 111-119.

Gudono. 2014. Analisis Data Multivariat. Yogyakarta : BPFE - Yogyakarta.

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin and Anderson, R. E. 2015. Multivariate Data Analysis A Global Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Halim, R. E. 2016. The Effect of the Relationship of Brand Trust and Brand Affect on Brand Performance: An Analysis from Brand Loyalty Perspective (A Case of Coffee Instant Product in Indonesia). Ssrn Electronic Journal, 1-16.

Handayani, V. T. 2016. Analisis Equitas Merek Pada PC Tablet Merek Ipad 2 dan Samsung Galaxi 10.1 Inchi Di DKI Jakarta.

Laroche, M., Habibi, M. R., Richard, M. O., & Sankaranarayanan, R. 2017. The Effects of Social Media Based Brand Communities On Brand Community Markers, Value Creation Practices, Brand Trust and Brand Loyalty. Computer in Human Behavior Vol. 28, No. 5, 1755-1767.

Marius, P., & Anggoro, S. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia.

Mazler, K., Krauter, S. G., & Bidmon, S. 2016. The Value- Brand Trust - Brand Loyalty Chain: an Analysis Of Some Moderating Variables . Innovative Marketing, Vol. 2 .

Monfared, N. A. 2015. Impact of Advertisement on Brand Loyalty Using Structural Equation Modeling Approach. European Online Journal of Natural and Social Sciences Vol. 4 No. 1.

Nagar, K. 2014. An Empirical Investigation Into The Influence Of Green Advertising On Brand Loyalty. Journal Of Services Research, Vol. 13, No. 2, 71 - 95.

Ong, C. H., salniza md. Salleh, & Yusoff, R. Z. 2015. Brand Experience, Trust components, and customer loyalty : sustainable Malaysian SME Brand Study . Asian Social Science; Vol. 11, No. 26, 252- 266.

Phan, K. N., & Ghantous, N. 2013. managing brand associations to drive customers' trust and loyalty in Vietnamese banking. International Journal of Bank Marketing Vol. 31 No. 6 , 456 - 480.

Rangkuti, F. 2014. The Power of Brand. Jakarta: Gramedia.

Retherford, R. D., & Choe, K. M. 2013. Statisticals Models For Causal Analysis. Honolulu: John Wiley & Sons Inc.

Singh, J. J., Iglesias, O., & Foguet, J. B. 2017. Does Having an Ethical Brand Matter? The Influence of Consumer Perceived Ethicality on Trust, Affect and Loyalty. Journal Business Ethics Vol. 111, 541 - 549.

Taylor, S. A., Celuch, K., & Goodwin, S. 2014. The Importance of Brand Equity to Customer Loyalty. Journal of Product and Brand Management Vol.13, No. 4, 217-227.

Wang, G. 2012. Attitudinal Correlates of Brand Commitment An Empirical Study. Journal of Relationship Marketing, Vo. 1 (2) , 57-75.

Zinkmund, W. G., & J., B. B. 2016. Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v1i1.1171

Article Metrics

Abstract views: 108 | PDF views: 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats