Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Omni-Channel Terhadap Purchase Intention Konsumen pada Sociolla

Rieza Nur Alifa(1*) , Marheni Eka Saputri(2)


(1) Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
(2) Dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena wabah pandemi COVID-19 serta terbatasnya mobilitas masyarakat Indonesia sudah menimbulkan pengurangan atas sosialisasi secara tatap muka pelaku usaha dalam melaksanakan roda ekonomi serta niaga yang berakibat tingkat minat konsumsi dan metode belanja masyarakat yang semula konvensional bergeser ke belanja online melalui e-commerce. Pertumbuhan teknologi dikala ini, menuntut perusahaan e-commerce untuk adaptif dalam berbagai situasi dengan salah satu cara dapat mengembangkan bisnisnya dalam berbagai macam saluran pembelian misalnya saluran offline atau saluran online atau dapat disebut omnichannel. Sociolla mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai saluran terintegrasi atau strategi omnichannel agar dapat bertahap dalam persaingan terutama dalam pandemi Covid-19 saat ini. Namun, dewasa ini realitanya dominan orang yang belum mengetahui bahwa Sociolla memiliki kedua saluran tersebut sehingga Sociolla menggunakan media pemasaran dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan Influencer pada platform Youtube. Penelitian bermaksud untuk mengetahui pengaruh Influencer Marketing dan strategi Omnichannel terhadap Purchase Intention konsumen pada Sociolla. Metode yang diimplementasikan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif, dengan kriteria penelitian deskriptif dan kausal. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan total 100 responden. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dilakukan dengan cara mendistribusikan kuesioner secara daring melalui google form. Analisis deskriptif dan analisis regresi berganda yang menggunakan alat analisis SPSS versi 24 merupakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat dibuktikan yakni melalui analisis deskriptif terhadap influencer marketing memperoleh hasil sebesar 65,34% masuk kedalam kategori cukup baik, strategi omnichannel sebesar 71,40% masuk kedalam kategori baik dan untuk purchase intention sebesar 72,18% masuk kedalam kategori baik. Hasil akhir yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R²), diperoleh nilai 0,737. Dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa Influencer Marketing (X1), dan Strategi Omnichannel (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y) konsumen baik secara parsial maupun simultan dengan pengaruh total sebesar 73,7% sedangkan 23,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.


Keywords


Influencer Marketing; Strategi Omnichannel; Purchase Intention

Full Text:

PDF

References


Botelho, M. F. M. (2018). THE IMPACT OF INFLUENCERS IN THE C ONSUMER ’ S PURCHASE INTENTION : THE COSMETIC INDUSTRY Márcia Filipa Martins Botelho Dissertation submitted as partial requirement for the conferral of Master ’ s in marketing.

Cinthya Ryana Sari, & Agus Molana Hidayat, S.E., M. S. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Universitas Telkom the Influence of Influencer Marketing and Product Quality on Purchasing Decisions At Uniqlo. e-Proceeding of Management, 8(2).

Lengkawati, A. S. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Prismakom, 18(1), 33–38.

Omni-channel integration quality. (n.d.). 113–117.

Rachmawati, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli amdk ades (Studi pada Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ades di Indonesia). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 71–79.

Sugesti, N. L., Kusniawati, A., Haris, F., Prabowo, E., Ekonomi, F., Galuh, U., Konsumen, M. B., Emas, I., Syariah, P., Keuangan, L., & Bank, N. (2019). Pengaruh Omni-Channel Marketing terhadap Minat Beli Konsumen (Suatu Studi pada Produk Tabungan Emas PT. Pegadaian Syariah Cabang Padayungan). Business Management and Entrepreneurship, 1(4), 92–101.

W. Yanuardi, A., Indah P., Y., Wahyudi, W. T., & Nainggolan, B. (2017). ANALISIS OMNICHANNEL CUSTOMER EXPERIENCE MATURITY DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.314




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v1i1.1174

Article Metrics

Abstract views: 666 | PDF views: 505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats