Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Pada Pengguna E-Commerce Lazada Di Wilayah Jakarta Timur

Fauzi Baisyir(1*) , Darmawan Adi Prasetyo(2)


(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada, Jakarta
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini secara eksplisit bertujuan untuk menganalisis perbedaan kepuasan konsumen pada pengguna e-commerce Lazada di Jakarta Timur berdasarkan Nilai Pelanggan, Harga, dan Kepercayaan Konsumen. Jenis penelitian ini dikaitkan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Data berasal dari kuesioner sebagai sumber utama dan studi literatur dari berbagai sumber yang relevan. Populasi penelitian ini adalah pengguna e-commerce Lazada dengan dua tipe konsumen yang akan diteliti yaitu konsumen yang puas dan konsumen yang tidak puas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah penentuan sampel akhir sebanyak 100 responden yang dibagi menjadi dua kelompok. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriminan dengan alat pengolah data menggunakan aplikasi SPSS Ver23. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Nilai Pelanggan, Harga, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Konsumen merupakan variabel yang paling esensial (dominan) dibandingkan dengan variabel Harga bagi pengguna e-commerce Lazada di wilayah Jakarta Timur berdasarkan nilai koefisien fungsi diskriminan kanonik.

Keywords


e-commerce; kepuasan konsumen; analisis diskriminan

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, S., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Lazada (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Pengguna Marketplace Lazada. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 377-385.

Annur, C. M. (2020, Nopember 11). Ragam Alasan Konsumen Pilih Berbelanja Online. (M. A. Ridhoi, Editor, & Katadata) Retrieved Mei 2021, from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII): https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/ragam-alasan-konsumen-pilh-berbelanja-online

Bayu, D. J. (2021, Februari 10). 10 E-commerce dengan Pengunjung Terbesar pada Kuartal IV 2020 (Pengunjung Bulanan Situs E-Commerce Kuartal IV 2020). (M. A. Ridhoi, Editor, & Katadata) Retrieved Mei 2021, from iPrice: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM Statistik SPSS 23 (Cetakan VIII). Semarang: BPFE.

Gupron. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak.com (Studi Pada Mahasiswa Universitas Batanghari Jambi). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 337-348. doi: doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.267

Hubaullah. (2017). Pengaruh Diferensiasi Jasa Dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Jasa Freight Forwarding Pada PT Sandin Indonesia di Jakarta. Jurnal Citra Widya Edukasi, IX(2), 131-142.

Husain, T. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Produk Kesehatan Pada PT. ABC. ULTIMA InfoSys, VIII(2), 101-106. doi:10.31937/si.v8i2.645

Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory Factor Analysis: Model Testing of Financial Ratio's with Decision Support Systems Approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp115-121

Irawan, D. (2020, Juli). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, X1(2), 103-116. doi:10.32670/coopetition.v11i2.82

Jayani, D. H. (2019, Oktober 10). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. (S. Fitra, Editor, & Katadata) Retrieved Mei 2021, from Statista: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. AGORA, 7(1).

Mediti, O. S. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290-1300. doi:10.26740/jim.v8n4.p1290-1300

Muhsin, A., & Zuliestiana, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak di Kota Bandung. eProceedings of Management. 4, pp. 2424-2433. Bandung: Telkom University.

Praditya, D. (2012). Desain Open Security Architecture Di Dalam Organisasi (Keamanan TIK di Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung). In Haryati (Ed.), Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Masyarakat Berbasis Informasi (pp. 1-16). Bandung: Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI).

Prasetiyo, S. D. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Bukalapak.com di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.

Prasevie, S. F., & Razak, I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajamen Bisnis Krisnadwipayana (JMBK), 6(2). doi:10.35137/jmbk.v6i2.187

Ramadhani, N. (2020, Pebruari 28). Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan. Retrieved Desember 2021, from Berita Bisnis Akseleran: https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/

Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM: Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36. doi:10.31943/teknokom.v4i1.59

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat Konsep Dasar dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputinda.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447-455. doi:10.25157/mr.v4i1.2954

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1341

Article Metrics

Abstract views: 437 | PDF views: 417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats