Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaanterhadap Kinerja Pemasaran Wirausaha UMKM Desa Doplang, Kab. Semarang

Mada Adi Wibowo(1*) , Achmad Danang Setiawan(2)


(1) STIE AMA Salatiga
(2) STIE AMA Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji Peran Keunggulan Bersaing Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Wirausaha UMKM Desa Doplang Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Populasi didalam penelitian ini ialah Pelaku UMKM Desa Doplang di Kecamatan Bawen. Dimana sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini ialah Pelaku UMKM dengan jumlah 75 responden. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai Analisis Jalur. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Keunggulan Bersaing dapat memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran.

Keywords


orientasi kewirausahaan; keunggulan bersaing; kinerja pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ansory, A., & Meithiana Indrasari. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Aristiyo, R., & Murwatiningsih. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kemitraan. Management Analysis Journal, Vol. 6. No. 3. Hal. 36-44.

Benu, F., & Agus. S. Benu. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif : Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi, Administrasi, Pertanian, dan Lainnya. Cetakan 1. Jakarta: Prenada Media Group.

Kencana, P., & I Gusti Ayu Ketut Giantari. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran. Buletin Studi Ekonomi, Vol. 26. No. 2. HAl. 177-192.

Kuswanti, & Dorojatun Prihandono. (2017). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Melalui keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, Vol. 6. No. 3. Hal. 341-350.

Lestari, I., Miguna Astuti, & Hariyanto Ridwan. (2019). Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan bersaing UMKM Kuliner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol. 4. No. 1. Hal. 111-118.

Lisdarahmasari. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, Vol. 23. No. 1. Hal. 21-30.

Mujahidah, R. M., & Gunarso Wiwoho. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Kebuman). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 3. No. 5. Hal. 960-975.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tejawulan, G. N. (2008). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Gojek). Journal Economics and Business Aseanomics, Vol. 6. No. 3. Hal. 875-883.

Verbyani, V., & Sarwo Edy Handoyo. (2021). Pengaruh Inovasi, Orientasi Kewirausahaan dan Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UKM Kuliner. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 3. No.3. Hal. 875-883.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1342

Article Metrics

Abstract views: 308 | PDF views: 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats