Peran Kepercayaan, Kualitas informasi dan persepsi risiko Terhadap keputusan pembelian di shopee

Yosephine Angelina(1*) , Tri Widianto(2) , Dibyo Iskandar(3)


(1) Dharma AUB University, Indonesia
(2) Dharma AUB University, Indonesia
(3) Dharma AUB University, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepercayaan, kualitasi informasi dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian di shopee masyarakat Solo Raya. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden ditentukan dengan teknik purposives sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas informasi dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan secara bersama-sama bahwa variabel kepercayaan, kualitas informasi dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan variabel kepercayaan, kualitas informasi dan persepsi risiko menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 41% (Adjusted R Square) dan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.    

Keywords


Kepercayaan, Kualitasi Informasi, Persepsi Risiko dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkat-kan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 186-196. doi:http://dx.doi.org/10.24865/ ajas.v2i2.57

Iswara, oDanu. o2016. oPengaruh oKepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta). Skripsi. Program Sarjana S-1 Universitas Negeri Yogyakarta.

Malhotra. 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Park, C.H. & Kim, Y.G. (2003). Identifying Key Factors Affecting Costumer Purchase Behavior in an Online Shoping Context. International Journal of Retail & Distribution Management, Volume 31, Number 1, 2003. Pp 16-29.

Putra, M. N. D. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Shopee di Kota Yogyakarta).

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Saputra, F. E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Kabupaten Bantul). Journal Competency of Business, 2(1), 40-51.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset

Yulia, Y. A., & Sari, C. T. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Elektronik Pada Layanan Transportasi Online: Studi Kasus Pengguna Go-Jek Di Surakarta. Excellent, 6(1), 23-28.

Yusnidar, dkk. 2014. Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan. Tahun IV No.12, Juli : 311-329




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1380

Article Metrics

Abstract views: 376 | PDF views: 306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats