Strategi Peningkatan Loyalitas Pengguna Aplikasi Smart In Pays Di Kota Surakarta

Nuryastuti Nuryastuti(1*) , I Gusti Putu Diva Awatara(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan kepercayaan terhadap kepuasan dan loyalitas Pengguna Aplikasi Smart In Pays di Kota Surakarta.

Penelitian ini dilakukan di Kota Surakarta. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 75 responden dengan tehnik simple random sampling. Analisis data dengan uji instrumen, uji linearitas, uji hipotesis dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t membuktikan kualitas produk, harga, promosi dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan: kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, namun harga dan kepercayaan berpengaruh tidak signifikan. Uji F membuktikan kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Uji R2 total sebesar 0,983 artinya loyalitas di jelaskan oleh kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan dan kepuasan sebesar 98,3 % dan sisanya sebesar 1,7 % di jelaskan variabel lain diluar model. Analisis jalur membuktikan pengaruh langsung kualitas produk merupakan jalur paling efektif berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas. Variabel intervening kepuasan hanya efektif memediasi pengaruh harga dan kepercayaan terhadap loyalitas.


Keywords


kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, kepuasan, loyalitas

Full Text:

PDF

References


Alenda et al, 2021, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Shopeepay, Accounting and Management Journal, Vol. 5, No. 2 Hal.1-8

Arikunto.Suharsimi, 2018.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Batin. Mail Hilian, 2019, Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Penanganan Keluhan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Kantor Capem Syariah Uin Raden Fatah Palembang, MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance Vol. 3 No.1 Hal.2654-8569

Cardia et al, 2019, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, Hal.6762-6781

Cuhanazriansyah et al, 2021, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5(2), h. 311-319

Fadlidan Rubiyanti, 2021, Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada E- Commerce Shopee, e-Proceeding of Management Vol.8, No.5 Hal.6120-6136

Faradiba. Besse, 2021, Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan serta Loyalitas Pengguna Belanja Online Selama Pandemi COVID-19, Jurnal Ilmu Sosial dan HumanioraVol. 4 No. 1 Hal.21-28

Firmansyah, M. Anang, 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama

Griffin. Jill, 2015. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hasan. Ali, 2015. Tourism Marketing.Center for Academic Publishing Service.Yogyakarta.

Imanda. Nadya dan Nurdin, 2018, Nuridin Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Fashion Pada Online Shop Yellow Facy Jeans Melalui Media Sosial, Instagram, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Vol.6. No. 3 p 2338 – 4794

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, 2017, Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler & Armstrong, 2015, “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition” , England : Pearson Education, Inc

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Kothler, Philip, 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Louisrianda dan Tabrani, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Garuda Indonesia, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 2, No. 3, 154-177

Mawey. Thalia Claudia, Altje L. Tumbel, Imelda W. J. Ogi, 2018, Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo, Jurnal EMBA Vol.6 No.3, Hal. 1198 – 1207

Muharam et al, 2020, E-Service Quality, Customer Trust & Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis, Jurnal Minds Vol. 8, No.2 Hal. 237-254

Nugroho. Dwi Mulyono, 2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, Dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel, Jurnal OE, Vol.7, No. 2, Hal.158 ± 174

Nur‘Ain dan Susila, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pengguna Uang Elektronik Pada Msyarakat Kabupaten Sukoharjo Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Sebagai Variabel, Intervening, Aktual : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Vol 6, No 2 Hal.46-55

Nirawati et al, 2020, Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee, Jurnal Syntax Transformation Vol. 1 No. 9, Hal.624-631

Purwanto dan Widodo, 2016, Model Pengembangan Komunikasi Pemasaran Dan Kualitas Produk Dalam Rangka Meraih Kepercayaan Dan Loyalitas Konsumen, Fokus Ekonomi Vol. 11 No. 2 Hal. 51 – 70

Putra.Dwi Pebranadian, 2016, Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Online, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 4, No 2 Hal.1-10

Putri dan Telagawathi, 2021, Loyalitas Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha Pada Penggunaan Tokopedia Berdasarkan Kepercayaan DanKepuasan Pelanggan, Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 2 Hal.163-171

Priansa.Donni, 2017.Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

Rafiah. Kurnia Khafidhatur, 2019, Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia, Al Tijarah: Vol. 5 No. 1, Hal.46-56

Sarwono. Jonathan. 2015, Pintar Menulis Karya Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Andi:Yogyakarta

Sari dan Lestariningsih, 2021, Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya), Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Vol.10, No.5 Hal.1-17

Supranto. Limakrisna, Nandan, 2012, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta

Sunyoto.Danang, 2015.Perilaku Konsumen dan Pemasaran.Yogyakarta : CAPS

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabetarta: Center for Academic Publishing Service

Surya, 2019, Customer Loyalty From Perspective Of Marketing Mix Strategy And Customer Satisfaction

A Study From Grab – Online Transportation In Era Of Industrial Revolution 4.0. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 9, No. 3 Hal.394 – 406

Tirtayasa et al, 2021, Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 5, (1), Page 67-86

Tjiptono. Fandy dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction.Yogyakarta.Andi.

Ulinuha. Ghufron, 2021, Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online, Jurnal

Manajemen Bisnis Volume 18, No. 4 Hal.422-447

Wilson. Nicholas, 2020, The Effect of Brand Image, Website Quality, and Trust Towards Customer Loyalty in the Indonesian Consumer-to-Consumer (C2C) E-Commerce Business, Advances in Economics, Business and Management Research, vol 174 P.124-130

Wilis dan Nurwulandari, 2020, The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer, JIMEA : Jurnal Ilmiah MEA Vol. 4 No. 3 Hal.1061-1099

Yuniarti.Vinna Sri.2015, Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Pustaka Setia, Bandung, hal.248-249.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v8i2.1596

Article Metrics

Abstract views: 105 | PDF views: 71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats