Upaya Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Manfaat Produk, Servicescape, Dan Kemudahan Mendapatkan Produk
(1) STIE Atma Bhakti Surakarta
(2) STIE Atma Bhakti Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen di PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo dengan menggunakan variabel manfaat produk, Servicescape dan kemudahan. Populasi dalam riset ini adalah konsumen PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo yang telah berkunjung pada bulan Desember 2023 sebanyak 200 konsumen, sampel diambil sebanyak 30% dari populasi yaitu 200 x 30% = 60 responden dengan teknik random sampling. Teknik analisis menggunaan analisis regresi linier berganda. Hasil riset menunjukkan manfaat produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo. Servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo. Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo. Hasil uji statistik F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel manfaat produk, Servicescape dan kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo. Hasil uji Adjusted R Squaredidapatkan hasil sebesar 0.613 yang berarti variabilitas kepuasan konsumen PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Solo mampu dijelaskan oleh variabel manfaat produk, Servicescape dan kemudahan sebesar 61,3% sedangkan sisanya (38,7%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak ikut terobservasi, misalnya strategi promosi dan prosedur pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B, 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung
Chung, KH., and JI. Shin. 2020. The antecedents and consequents of relationship quality in internet shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 22 (4). 473-91.
Davis, Fred D. (2019). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly Vol 13 (3): 319-340.
Dewi, E. N. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Alih Program di Universitas Widyatama Bandung Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama. Bandung
Dewi, S. N., & Haryanto, A. T. (2021). Peran Tampilan Produk, Keamanan dan Kemudahan Pada Keputusan Bertransaksi Menggunakan Jasa Pengiriman Shopee. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 101-114.
Kertajaya, Hermawan. 2018. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2020. ManajemenPemasaran(terjemahan :BobSabran, , Edisi 13 jilid 1 dan 2 , penerbit: PT. Index
Maria dan Wijaya, (2017). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Manfaat produk Terhadap Kepuasan konsumen Melalui Pemasaran di Media Sosial (Studi Pada pengguna Media Sosial di Shapeharve). Jurnal Manajemen Perhotelan Vol.3 No. 4 2017, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.
Megawati dan Jasfar, (2018). Pengaruh Rancangan Situs, Keamanan, Kepercayaan dan Keamanan Terhdapap Pembelian tampilan produk Fashion Melalui Online Shopping. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Volume 7, No.2 Tahun 2018
Mukherjee, A., and P. Nath. 2017. A model of trust in online relationship banking. International journal of Bank Marketing. 21 (1). 5-15.
Rafidah dan Djawoto (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan dan kepercayaan Terhadap kepuasan konsumen Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 2, Februari 2017
Rahayu (2017). Pengaruh Kemudahan, Keprcayaan dan Kualitas Informasi Terhadap kepuasan konsumen Secara Online di Tokopedia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 10, Oktober 2017 ISSN: 2461-0593
Reichheld, FF., and P. Schefter. 2020. Eloyalty: your secret weapon on the web. Harvard Business Review. July-August. 105-13.
Rofiq, Ainur. 2017. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi pada Pelanggan E- Commerce di Indonesia).Tesis.Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang.
Rosita, setiyadi dan Sukriah, (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Pengunjung Difloating Market Lembang. Jurnal Manajemen Resort & Leisure Vol. 12, No. 1, April 2020
Rijae dan Magnadi, (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Penumpang Keberangkatan Domestik di Bandara Ahmad Yani Semarang). Diponegoro Journal Ofmanagement http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr Volume 7, Nomor 2, Tahun 2018, Halaman 1-11 ISSN (Online): 2337-3792
Sarwono dan K. Prihartono. 2017. Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Schiffman, L., Kanuk, L. L. 2018. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh (EdisiBahasa Indonesia). Jakarta: PT. Indeks
Setyorini dan Pratama, (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Roti Gempol Dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.2, No.1 April 2020 | Page 749 ISSN : 2355-9357
Swaminathan, V., E. Lepkowska-White, and BP. Rao. 2019. Browser or buyers in cyberspace? An investigationof factors influencing electronic exchange. Journal of Computer-Mediated Communication. 5 (2)
Tustin, D. (2016). The prevalence of impulsive, compulsive and innovative shopping behaviour in the economic retail hub of south africa: A Marketing Segmentation Approach. African Journal Of Business Management Vol. 5, No. 14, pp:5424-5434.
Udo, GJ. 2016. Privacy and security ecommerce: a survey study. Information Management & Computer Security. 9 (4). 165-74.
Vina, Rutami, (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sekretari dan Manajemen Volume 3 No. 2 September 2019 P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-0791 https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1
Wardoyo dan Andini (2017). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan konsumen secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 19, No. 1, Juni 2017
Wijaya dan Kempa, (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada. AGORA Vol. 6, No. 2 (2018) Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v9i1.1746
Article Metrics
Abstract views: 67 | PDF views: 51Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |