PENGARUH BRAND INTENTION DAN BRAND RELIABILITY TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND AFFECT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGGUNA ANDROID DI WILAYAH SURAKARTA

Septiana Novita Dewi(1*) , Denny Mahendra(2) , Aris Tri Haryanto(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi (IT) saat ini sangat pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal itu membuat persaingan dibidang usaha ini sangat ketat. Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan informasi harus terus berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya juga mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand intention dan brand reliability terhadap brand loyalty dengan brand affect sebagai variabel mediasi pengguna android di Wilayah Surakarta. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu pengguna android di wilayah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 responden dan sudah memenuhi kriteria  menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa: niat merek (brand intention) berpengaruh positif pada pengaruh merek (brand affect). kehandalan merek (brand reliability) berpengaruh positif pada pengaruh merek (brand affect). niat merek (brand intention) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty). keandalan merek (brand reliability) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty. pengaruh merek (brand affect) berpengaruh positif pada loyalitas merek (brand loyalty). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa : pengaruh langsung niat merek (brand intention) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) lebih besar dibandingkan melalui pengaruh merek (brand affect). pengaruh langsung keandalan merek (brand reliability) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) lebih besar dibandingkan melalui pengaruh merek (brand affect).

 

Kata Kunci   :    Brand Intention Dan Brand Reliability, Brand Affect, Brand Loyalty


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v3i1.321

Article Metrics

Abstract views: 6 | PDF views: 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats