ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN MEMBELI RUMAH TINGGAL (Studi Empiris Masyarakat Kota Surakarta)

Dibyo Iskandar(1*) , Tri Nurdyastuti(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran lokasi, demografi dan sarana prasarana terhadap keputusan membeli rumah tinggal. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik sampling accidental sampling. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji kualitas da yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji Asumsi Klasik dan uji regresi linier. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lokasi, demografi dan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli rumah tinggal bagi  masyarakat  di  Kota  Surakarta.  Hasil  uji  determinasi  diketahui  bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel lokasi, demografi dan sarana prasarana mampu menjelaskan keputusan membeli rumah tinggal sebesar 85,7% sedangkan sisanya  14,3%  dipengaruhi  oleh  variabel  lain yang  tidak  termasuk  dalam penelitian ini.


Keywords


lokasi;demografi;sarana prasarana;keputusan membeli

References


Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Edy Suryawardana, Tri Endang Yani, 2017, Analisis Faktor-Faktor

Pertimbangan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hunian Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 19, Nomor 1, Juni 2017

Fandy Tjiptono, 2002, Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.

Grigg, N. 1988, Infrastructure Engineering and Management, John Wiley & Sons

Iskandar, Jusman. 1994. Strategi Dasar Membangun Kekuatan Masyarakat. Jakarta: Rajawali.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks..

Kotler, P, Armstrong, G, Wong, VWY & Saunders, JA, 2008, Principles of marketing. 5th edn, Financial Times/Prentice Hall..

M. Erma Widiana, 2009, Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi

Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah (Studi Kasus Perumahan

Viharta PT.MBP - Gresik), Majalah Ekonomi, Tahun XIX, No. 3 Desember 2009.

Nisa Marisa, 2013, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Kawasan Perumahan Mustika Plamongan Elok Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume XII, No. 3, Desember 2013, halaman 301 - 316

Peter, J. Paul, 2010, Consumer behavior & marketing strategy, 9th ed. New York: McGraw-Hill/Irwin

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

Tuti Ediati, 2014, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pemembelian Perumahan Di Surakarta.

Widya Ganeswara, Vol. 24, No. 1, Juli – Desember 2014.

Voniea dan Filip, 2011, Analyzing the Main Changes in New Consumer Buying Behavior during Economic Crisis. International Journal of Economic Practices and Theories, 2011, vol. 1, issue 1, 14-19

Jeddi, S., Atefi, Z., Jalali, M., Poureisa, A. and Haghi, H., 2013. Consumer behavior and Consumer buying decision process. International Journal of Business and Behavioral Sciences. 3(5), 20-23

Mansoor dan Jalal, 2011, The Global Business Crisis and Consumer Behavior: Kingdom of Bahrain as a Case Study. International Journal of Business and Management. Vol. 6, No. 1; January 2011

Shah, Syed Saad Hussain., Jabran Aziz., Ahsan raza Jaffari., Sidra Waris.,

Wasiq Ejaz., Maira Fatima & Syed Kamran Sherazi. 2012. The Impact of Brands on Consumer Purchase Intentions. Asian Journal of Business Management 4(2): 105-110, 2012 ISSN: 2041-8752.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v4i1.448

Article Metrics

Abstract views: 136 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats