MEMBANGUN LOYALITAS PASIEN DENGAN PENANGANAN KOMPLAIN DALAM MEWUJUDKAN MUTU PELAYANAN DI RSUD SURAKARTA
(1) 
(2) STIE AUB SURAKARTA
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, penanganan komplain terhadap kepuasan dan dampaknya pada perilaku pasien di RSUD Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden yang merupakan pasien RSUD Surakarta. Alat analisis yang dipakai adalah uji instrumen penelitian, u ji linearitas, analisis jalur dan regresi dengan uji t, uji F dan Uji R2. Hasil Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, penanganan komplain berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Dan kualitas pelayanan, penanganan komplain dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien. Hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan sebagai variabel intervening kualitas pelayanan dan penanganan komplain adalah tidak efektif, dan lebih efektif kualitas pelayanan dan penanganan komplain berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pasien RSUD Surakarta. Sedangkan untuk Jalur langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas merupakan jalur yang paling dominan dan paling efektif meningkatkan loyalitas, karena mempunyai nilai koefisien regresi yang paling tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, Krismanto, 2007, “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah”, STIE AUB Surakarta.
Anderson, E. and B. Weitz, 2013, “The Use of Arikunto, Suharsini, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi ketiga.
Bolton, Ruth N and james H. Drew, 2011, “ A Multi Stage Model of Customers Assessment of Service Quality and Value”, Journal of Consumer Research, Januari, 1-9.
Bontis, Nick and Lorne D.Booker (2007), “ The mediating effect of organizational reputation on customer loyalty and service recommendation in banking industry”, Journal Management Decion, Vol.45, No.9 p.1426-1445.
Brown, Stephen W., 2011, “A Multi Stage Model of Customers Assesment of Service Quality and Value”, Journal of Marketing, April, pp. 92-98
Cronin J.Joseph Jr and Steven A. Taylor (2012), “ Measuring Service Quality : A reexamination and extension”, Journal of Marketing Vol. 56 (July) p.55 – 68
Dharmesta (2009), Human Resources Management. Tenth Edition. Prentice-Hall.Inc. New Jersey Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, 2011: Statistik Induktif, Edisi: 4, Yogyakarta: BPFE.
Dwi Aryani Dan Febrina Rosinta, 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, Mei—Agus 2010, Hlm. 114- 126. Volume 17, Nomor 2. ISSN 0854-3844
Fandy Tjiptono, 2006, Strategi Pemasaran, Andi ffset, Yogyakarta
Fornell, Claes; Johnson, Michael D ; Anderson, Eugene W ; Cha, Jaesun; Bryant, Barbara Everitt (2006), “The American Customer Satisfaction Index : Nature, Purpose, and Findings”. Journal of Marketing, 60 (10). (7– 18).
Ghozali, Imam,2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Pledges to Build and Sustain Commitment ,2010. Analisis Regresi. Jakarta: in Distribution Channel”, Journal of Marketing research 29 (1), p.18-34. Salemba Empat.Gujarati, Damodar. 2010. Ekonometrika Dasar. Erlangga. Jakarta.
Hackman, Herbig, Paul, John Milewicz and Jim Golden., (2006). Achieving The Goals of Multiculturalism and Diversity. In M. Peterson. D. D. Dill. L. Mets, & Associates (Eds.)”, Planning and Management for A Changing environment (pp.405-431), San Francisco: Jossey-Bass.
Herbig, Paul, John Milewicz and Jim Golden,(2014). “A Model of Reputation Building and Destruction “Journal of Business Research. Vol.31, June 1994, No.1 ; p.23-31.
Hirschman, 2007, An Assesment Of The Relationship Between Service Quality And Customer Satisfaction In The Formation Of Consumers Purchase Intention”, Journal Of Retailing. Vol 70, No.2, P.163
Istijanto, 2006, Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama
Juran, J.M., 2011, Quality Control Handbook, New York: Mc. Graw-Hill.
Kotler, Philip. 2008. Marketing management : Analysis, Planing, Implentations, And Control, 9 Th Ed Ed Engle Wood Cliffs, N.J: Prentice Hall International, Inc
Kotler, Philip.(2013), Marketting Management, 11th ed. Upper Saddle River, New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Liu, Tsung-Chi and Li Wei Wu (2007), “Customer retention and cross-buying in the banking industry : An Integration of service attributes, satisfaction and trust” Journal of Financial Service Marketing, Vol.12 No.2 p.132-145.
Margaretha M, (2014), “Study Mengenai Loyalitas Nasabah Divisi Asuransi Kumpulan AJB Bumi Putera 1912 (Studi khusus di Jawa Tengah)”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol III, No.3, Desember 2004. (289-308)
Nyer, 2010. Marketing dan Perlaku Konsumen Mundur Maju, Bandung
Oliver, Richard L. (2007), “ Satisfaction : A Behavioral Perspective on the Customer”, McGraw-Hill, New York, NY
Parasuraman, A.,A.Zeithmal, V.,& L.Berry, L.2007” A conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”, Journal of Marketing, Vol.49 (fall).
Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 1995 tentang perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan
Prichard, mark P, 2010, “Analyzing the Commitment-Loyalty Link in Service Contexts”, Journal of the Academy of Marketing Science 27 (3), p.333-348
Ratminto dan Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Riduwan, 2007, Skala pengukuran Variabel- Variabel Penelitian, Cetakan Ketiga, Alfabeta, Bandung.
Sarwono, Jonathan. 2010. Analisis Jalur Untuk Bisnis dengan SPSS. Penerbit Andi Offset:Yogyakarta
Sekaran U, 2010. Research Methods For Business: A Skill Building Approach Singapore: John Willey dan Sonc, Inc
Selnes, Fred (2013), “An Examination of the effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty”, European Journal of Marketing, 27 (9). (19- 35).
Setyo, Budiarto, 2011, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dan Reputasi Bank sebagai Variabel Intervening pada Apotek K-24 Jogjakarta” UNS, Surakarta.
Solomon, Michael (2006), Consumer Behavion, 3th edition, McGraw Hill.
Solvang, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jakarta Prenhalindo
Straus & Seidel, 2006. An Assesment Of The Relationship Between Service Quality And Customer Satisfaction In The Formation Of Consumers Purchase Intention”, Journal Of Retailing. Vol 70, No.2, P.163
Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis,Cetakan Ketujuh, CV. Alpabeta, Bandung.
Supriatna. J (2010). Analisis Multivariate dengan program SPSS. Penerbit Andi Offset:Yogyakarta
Tjiptono, Fandi, 2012, Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS) , Andi Offset, Yogyakarta.
Tronvoll, (2007). Produktivitas: Seri Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Alex Media Komputindo
Webster, (2011). Gender and The Relationship Between Perceived Fairness of Pay or Promotion ang Job Satisfaction”, Journal of Applied Psychology, 78 (5) : 744 – 780
Zeithaml, V.(2008), Consumer Perceptions of Price, “Quality, and Value : Means End Model and Synthesis of Evidence”, Journal of Marketing, Vol 52, July, p.2-22
Zeithaml, Valerie; Berry, Leonard L,;and Parasuraman, A. (2008), “Sevqual: Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”, Journal of Retailing, Vol 64 No.1 Spring
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v4i1.451
Article Metrics
Abstract views: 518 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 495Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |