PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK PADA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE: STUDI KASUS PENGGUNA GO-JEK DI SURAKARTA

Yosephine Angelina Yulia(1*) , Cahyani Tunggal Sari(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris bahwa Kualitas Layanan Elektronik berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pengguna produk aplikasi Gojek Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Ruang Lingkup penelitian di Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling memilih sampel dengan tujuan tertentu secara subyektif peneliti sesuai kriteria-kriteria yang ditetapkan dan harus dipenuhi oleh sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 215 reponden pengguna aplikasi Gojek yang ada di Surakarta. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian  hipotesis  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  variabel  Kualitas layanan  dan  kualitas  sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, variabel kualitas informasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen


Keywords


Kualitas Layanan, Transpotasi online, Kepuasan Konsumen

Full Text:

Untitled

References


Costabile, M. F., De Marsico, M., Lanzilotti, R., Plantamura, V. L., & Roselli, T. (2005, January).

On the usability evaluation of e-learning applications. In System Sciences, 2005. HICSS'05. Proceedings of the 38th Annual Hawaii International Conference on (pp. 6b-

b). IEEE.

Choi, C., Kim, C., Sung, N., & Park, Y. (2007, August). Evaluating the quality of service in mobile business based on fuzzy set theory. In Fuzzy Systems and Knowledge Discovery,

FSKD 2007. Fourth International Conference on (Vol. 4, pp. 483-487). IEEE.

Georgiadis, C. K., & Stiakakis, E. (2009, September). Key Issues for the Quality Assessment of Mobile Commerce Services. In Informatics,

BCI'09. Fourth Balkan Conference in (pp. 148-153). IEEE.

GO-JEK. (2017). GO-JEK Indonesia. April 12, 2017. https://www.go-jek.com/

Huang, E. Y., Lin, S. W., & Fan, Y. C. (2015). MS-QUAL: Mobile service quality measurement.

Electronic Commerce Research and Applications, 14(2), 126-142.

Jenita. Transportasi Online. 2012.https://prezi.com/hqywaio5gn1k/transportasi-online/ (accessed 1 Apr2017).

Salameh, A. A., & Hassan, S. B. (2015). Measuring Service Quality in M-commerce Context: A Conceptual Model. International Journal of Scientific and Research Publications.

Su, D., & Huang, X. (2011). Research on online shopping intention of undergraduate consumer in China:Based on the theory of planned behavior.International Business Research, 4(1), 86–93.

Utari, N. L. P. W. S., & Sharif, O. O. (2016). Analysis of Service Quality of Go-Jek Indonesia in Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan Makassar 2015. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 18(4), 93-98.

Wallsten, S. (2015). The competitive effects of the sharing economy: how is Uber changing taxis. Technology Policy Institute, 22.

Watanabe, C., Naveed, K., & Neittaanmäki, P. (2016). Co-evolution of three mega-trends nurtures un-captured GDP–Uber’s ride-sharing revolution. Technology in Society, 46, 164-

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: a critical review of extant knowledge. Journal of the academy of marketing science,

(4), 362-375.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v4i2.510

Article Metrics

Abstract views: 313 | Untitled views: 313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats