ANALISIS FAKTOR-FAKTOR CONSUMER ENGAGEMENT PEMBACA BERITA SINDONEWS.COM DI SOCIAL MEDIA FACEBOOK

Tasya Faadhilah(1*) , Pramitha Aulia(2)


(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Padaera globalisasi saat ini, teknologi dan informasi telah berkembang dengan sangat pesatdengan kehadiran internet sebagai media komunikasi dengan media sosial sebagai salah satu platform. Dengan majunya perkembangan digital saat ini, pada tahun 2012 PT MNI (Koran Sindo) melihat peluang pasar media sosial dalammengembangkan unit bisnis media digital online yaitu sindonews.com. Sindonews.com  merupakan portal berita jaringan MNC (Media Nusantara Citra) milik Harry Tanoesoedibjo yang merupakan grup media terbesar di Asia Tenggara.  Dengan menciptakan consumer engagement  konsumen dapat terhubung dengan sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor consumer engagement yang terbentuk oleh sindonews.com melalui media sosial Facebook.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis faktor dengan jenis faktor yaitu confirmatory factor analysis. Populasi yang dipakai yaitu followers Facebook sindonews.com dengan menggunakan teknik probability sampling didapat jumlah sampel 400 responden. Teknik pengumpulan data yaitu data primer yaitu penyebaran kuesioner dan data sekunder dengan penelitian terdahulu mengenai consumer engagement.

Hasil penelitian ini menghasilkan empat faktor baru yaitu cognitive engagement dengan sub-dimensi terbesar yaitu absorption sebesar 81,5%, supportive engagement dengan sub-dimensi terbesar yaitu seeking assistance sebesar 78,8%, affective engagement dengan sub-dimensi terbesar yaitu enthusiasm sebesar 81,3% dan terakhir confirmative engagement dengan sub-dimensi terbesar yaitu validation sebesar 76,8%.

 

Kata kunci : Consumer engagement,  Portal media online, Media sosial, Facebook

Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Dessart, L. (2015). Consumer Engagement in Online Brand Communities: a Social Media Perspective. Product and Brand Management, 24(1), 28–42.

Wibowo, L. A. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Rouse, M. (2014). Definition Facebook.

Baldus, B. J. (2015). Online Brand Community Engagement: Scale Development and Validation. Business Research, 68, 978–985.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan : (Research and Development / R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Jakarta: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.563

Article Metrics

Abstract views: 372 | Untitled views: 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats