DIMENSI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI WILAYAH BOYOLALI DENGAN KEMAMPUAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Septiana Novita Dewi(1*) , Joko Sekti Riyadi(2) , Aris Tri Haryanto(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah mengetahui secara empiris pengaruh dimensi social media marketing terhadap keputusan pembelian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif berupa penguatan terhadap pandangan-pandangan teoritik mengenai keterkaitan antara content creation, content sharing, conneting dan community bulding terhadap kemampuan inovasi dan keputusan pembelian.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di wilayah Boyolali yang terdaftar di Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Boyolali pada bulan Januari 2019. Sampel yang diteliti adalah sejumlah 190 responden dengan mengkalikan jumlah parameter yaitu 19x10=190. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik análisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan content creation, content sharing, conneting dan community bulding berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan inovasi. Content creation dan content sharing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Conneting, community bulding dan kemampuan inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung, sehingga dengan menggunakan kemampuan inovasi sebagai variabel mediasi adalah tepat.

 

Keywords: Content creation, Content sharing, Conecting, Community Building, Kemampuan Inovasi, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


References

Ekasari, Novita, (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosia Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI FINANCE JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora Volume 16, Nomor 2, Hal.81-102 ISSN:0852-8349 Juli – Desember 2014

Ferdinand, Augusty. (2014). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen: BP UNDIP

Ghozali, Imam & Fuad. (2005). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2013). Model Persamaan Structural, Konsep, dan Aplikasi dengan Program AMOS 21.0, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, J.F., Blenck, W.O., Babin, B.J., Anderson, R.E., and Totham, R.L. (1995).Multivariate Data Analisys, 6th Edition, Practice-Hall, Inc

Hidayat dan Ridwan. (2017). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park(Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017). e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017 ISSN : 2442-5826

Mileva, Achmad. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 58 No. 1 Mei 2018

Oliver, R. L., 1997. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. McGraw-Hill, New York, NY

Rahayu dan Gita. (2009). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Audio Sony (Survei pada Konsumen di Toko Aneka Irama Jalan ABC Bandung). Jurnal Strategic, Volume 8, Nomor 16, September 2009

Ryan, T. (2013). Sample Size Determination and Power. John Wiley and Sons

Setyawan, Achamd dan Brillyanes. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli, Menggunakan dan Mengetahui Smartphone Samsung Galaxy Series). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 62 No. 1 September 2018

Soper, D.S., 2014. A prior sample size calculator for structural equation modelling (software). Avaliable www.danielsoper.com/statcale.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.566

Article Metrics

Abstract views: 3480 | PDF views: 2649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats