DAMPAK KOMITMEN ORGANISASI ATAS KINERJA KARYAWAN PT BNI KCP PAMULANG
(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komitmen organisasi pada PT Bank Negara Indonesia KCP Pamulang,
Tangerang Selatan dan bagaimana kinerja karyawannya. Pengukuran kinerja karyawan menggunakan dimensi yaitu
kuantitas kerja, kualitas dari hasil kerja, kerjasama, tanggungjawab dalam melaksanakan tugas, dan inisiatif. Jenis
penelitian ini adalah kausalitass dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen
berupa kuesioner yang dibagikan kepada 50 karyawan bank. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier
sederhana dengan tahapan analisis deskriptif, uji kualitas instrumen penelitian dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan walaupun masih
terdapat responden yang mempersepsikan dengan jawaban “Tidak Setuju” sebanyak 7 responden atau 2 persen. Nilai
koefisien deteriminasi menunjukkan angka sebesar 0,183, atau dengan kata lain variabel Kinerja Karyawan dipengaruhi
oleh variabel Komitmen Organisasi sebesar 18,3 persen.
Kata kunci: Komitmen organisasi, kinerja karyawan.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Adil, V. M., Sendow, G. M., & Lumintang, G. G. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasional, Disiplin
Kerja dan Kompensasi non-Finansial terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Ketenagakerjaan dan
Transmigrasi Prov. Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 6(4), 3733-3742.
Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah
Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi) (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Andriyani, I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada
Hotel Grand Central Pekanbaru. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
BNI. (2019). BNI untuk Pegawai. Jakarta.
BNI. (2019). Profil: Budaya Perusahaan. Dipetik Desember 20, 2019, dari Tentang BNI:
https://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/tentangbni/budayaperusahaan
Elisa, Rahmawati, M., & Juwita, K. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Implementasi Budaya
Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Lantabur. JMD: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis
Dewantara, 2(2), 63-72.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program: IBM SPSS 23 (VIII ed.). Semarang:
Badan Penerbit UNDIP.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (2010). Organizations: Behaviour, Structure and
Process. Boston: McGraw-Hill.
Haryani, B., & Anggri, P. S. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Pemberdayaan Psikologis
terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu.Manajemen. FE Universitas Bengkulu.
Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support
Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada
Mahasiswa STIE AUB Surakarta. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 6(1), 29-36.
Khristina, Y., & Sapariyah, A. R. (2016). Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jurnal Perbankan Syariah, 3(1),
-40.
Latief, A., Syardiansah, & Safwan, M. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja
terhadap Kinerja Karyawan BPJS Kesehatan Cabang Langsa. j-EBIS, 4(1), 52-65.
Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. W. (2015). Organizational Behavior: An Evidence –Based
approach (13 ed.). United States of America: Information Age Publishing, Inc.
Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustafsiroh. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada
PT Bank BNI Syariah Cabang Banjarmasin. Skripsi: Universitas Lambung Mangkurat.
Pangestu, A. A. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja
Pegawai (Studi Pada BNI KCU Semarang). Skripsi: FEB Universitas Diponegoro.
Pratama, A. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja serta
Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal SeMaRaK, 1(3), 122-141.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Manajemen (Jilid 1 dan 2) (13 ed.). (B. Sabran, & W. Hardani,
Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Romadhona, A. F., & Wahyuningtyas, R. (2019). Komitmen dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja
Karyawan Bank BJB Cabang Tamansari. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1), 24-30.
Santosa, A. D. (2019). Analisis Multivariat (Cetakan Ketiga). Yogyakarta: Penerbit Kepel Press.
Setyobudi, A. (2018, Agustus 11). Kompetensi dan Kinerja. Dipetik December 13, 2019, dari Majalah
UKM: https://majalahukm.com/kompetensi-dan-kinerja/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi.
Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Ke-8. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.723
Article Metrics
Abstract views: 549 | Untitled views: 418Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |