PENERAPAN MARKETING MIX PADA STRATEGI PEMASARAN KONVENSIONAL DAN DIGITAL

Nawari Nawari(1*) , Lina Auliya Ulfa(2)


(1) Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
(2) Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang diketahui dalam penelitian ini berkaitan dengan konsumen yang mengeluh karena jika berbelanja harus datang ke toko tas Joyshop Babat. Pada tahun 2017 Toko Tas Joyshop membuka toko di digital melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pemasaran produk dengan Sistem Digital dan Konvensional di Toko Tas Joyshop Babat. Variabel-variabel tersebut adalah, produk, harga, promosi dan lokasi. Penelitian ini berisfat survey dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sering berbelanja dengan Sistem Digital dan Konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling aksidental dan didapatkan sampel sebanyak 99 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi R2, dan uji hipotesis melalui uji t yang digunakan untuk mengetahui variabel produk, harga, promosi dan lokasi secara parsial terhadap pemasaran produk dengan Sistem Digital dan Konvensional di toko tas Joyshop Babat. Hasil analisis dapat dilihat uji t variabel produk thitung = 8,256 > ttabel = 1,660 yang menyatakan produk berpengaruh terhadap pemasaran produk. Variabel harga thitung = 2,951 > ttabel = 1,660 yang menyatakan harga berpengaruh terhadap pemasaran produk, variabel promosi thitung = 2,642 > ttabel = 1,660 yang menyatakan promosi berpengaruh terhadap pemasaran produk dan variabel lokasi thitung = 2,275 > ttabel = 1,660 yang menyatakan lokasi berpengaruh terhadap pemasaran produk.


Keywords


Bauran Pemasaran; Digital; Konvensional

Full Text:

Untitled

References


Ahmad Dahlan Kediri City. Journal for Quality in Public Health, 1(2), 50–57.

https://doi.org/10.30994/jqph.v1i2.17

Allaoui mohammed elhassen, Tidjani chemseddine, O. B. (n.d.). “The Importance of Training Programs

in the Improvement of the Performance of Employees In The Petroleum Companies”- Case of

Sonatrach Company - The Regional Directorate of BERKAOUI (Ouargla- Algeria) . Saudi

Journal of Business and Management Studies, 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Andreti, J., Hosting, N. H., Hosting, R., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). Analisis Produk , Price ,

Place , Promotion dan Service Quality Keputusan Pembelian Pelanggan of Convenience Store :

Sebuah Survei Young Adult di Bekasi , Jawa Barat , Indonesia. 2, 72–78.

Basuki, A. T. (2014). Penggunaan SPSS dalam statistik.

Dr.Sandu Siyoto, M. A. S. (2015). Dasar Metode Penelitian.

Dewi, Liliana. dan Alfredo, Wilibrodus. (2019), Peningkatan Penjualan Dengan Media Digital dan

Konvensional Bagi Perusahaan Ez Denim Totebag, jurnal Eksekutif, Vol.16, No.1

Eriksson, N., Rosenbröijer, C. J., & FagerstrØm, A. (2018). Smartphones as decision support in retail

stores - The role of product category and gender. Procedia Computer Science, 138, 508–515.

https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.10.070

Hamzah, Zulfadli. Arif, Muhammad dan Nisa, Chairun. (2019), Analisis Komparasi Strategi dalam

Transaksi Jual Beli Digital dan Konvensional pada Hijab (Studi kasus: Mahasiswi Universitas

Islam Riau), Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Vol.2. No.1.

Hsieh, Pei Ling. and Wei, Shang Ling. (2017), Relationship Formation Within Online Brand

Communities Bridging the Virtual and the Real, Asia Pasific Management Review.

Keegan, Warren J & Green, M. C. (2017). Global Marketing.

"Kotler, Philip, Kartajaya, Hemawan, S. I. (2017). marketing 4.0.

Kotler, Philip, Amstrong, Gary, Opresnik, M. O. (2015). Marketing.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Mukarromah, Siti. Maro'ah, Siti dan Mochlas, Mochammad (2018), Implementasi Strategi Bauran

Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir.com, Jurnal

Eksekutif, Vol.15, No.2

Nasution, Siti Lam'ah. Limbong, Christie Herawati dan Nasution, Denny Ammari Ramadhan. (2020),

Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, kemudahanm dan Harga Terhadap

Keputusan pembelian pada E-commerce Shopee, Jurnal Ecobisma, Vol.7, No.1

Nofrizal. (2019), Dampak Persepsi Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Berbelanja di Lotte Mart

Grosir Pekanbaru, Vol.18, No.3:259-269

Nong, Zhenzhen. dan Gainsbury. (2018), Website Design Features Exploring How Social Cues Present in

the Online environment May Impact Risk Taking, Empirical Article, Vol.2, No.1

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi Statistik dan Bisnis.

Rares, Obada Daniel. (2014), Measuring Perceived Service Quality Offline Vs. Online a New PeSQ

Conceptual Model, Procedia Economics and Fanance, Vol.2, No.1:538-551.

Sari, R. P. (2017). Marketing Mix Implementation in Small Medium Enterprises: A Study of Galeristorey

Online Business. Etikonomi, 16(1), 115–126. https://doi.org/10.15408/etk.v16i1.3950

Savila, I. D., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019b). The role of multichannel integration, trust and

offline-to-online customer loyalty towards repurchase intention: An empirical study in online-tooffline

(O2O) e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 859–866.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (U. B. Press (ed.)).

Vinerean, S., & Opreana, A. (2014). Analyzing Consumer Engagement Programs from the Perspective of

a Qualitative Research of Marketing Executives. 16(May), 621–630.

https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00849-1

Yang, Y., Gong, Y., Land, L. P. W., & Chesney, T. (2020). Understanding the effects of physical

experience and information integration on consumer use of online to offline commerce.

International Journal of Information Management, 51(April 2019), 102046.

https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.102046

Yuliantine, T., Indasah, I., & Siyoto, S. (2018). Analysis of Marketing Mix Characteristics of Marketing

Factor 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Building) to Patient

Satisfaction of Inpatient Patient Hospital Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri City. Journal for

Quality in Public Health, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.30994/jqph.v1i2.17




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.724

Article Metrics

Abstract views: 1610 | Untitled views: 719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats