Niat Berwirausaha Start Up Pada Mahasiswa: Menggunakan Theory Of Planned Behavior Model

Yosephine Angelina Yulia(1*) , Yenni Khristiana(2) , Andri Octaviani(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kewirausahaan telah menjadi prioritas nasional yang penting untuk pembangunan
ekonomi berkelanjutan, menciptakan daya saing, inovasi, penciptaan lapangan kerja dan
pemenuhan pribadi di seluruh dunia. Minat kewirausahaan telah mencapai hampir setiap
negara dan pengaruhnya terhadap ekonomi dan masyarakat telah diakui karena
kemunculannya sebagai kekuatan pendorong untuk menghasilkan kegiatan ekonomi dan
sosial. Persentase wirausaha pemula yang berhasil memiliki potensi untuk menciptakan
peluang kerja jika dipandu oleh kebijakan yang efektif. Sementara itu, intrapreneurship
dalam pekerjaan berupah juga membantu organisasi berinovasi dan tumbuh, dan merespons
secara proaktif dalam perubahan sosial, teknologi, dan ekonomi.
Fenomena kewirausahaan yang terjadi saat ini di Indonesia adalah bermunculannya
start up company. Perkembangan start-up di Indonesia memang cukup pesat, namun
meningkatnya perkembangan jumlah start-up tersebut juga sebanding dengan angka
kegagalan yang menimpa startup. Tingginya angka kegagalan start-up di Indonesia menjadi
tantangan bagi pemerintah dalam mendorong tumbuh kembangnya bisnis online. Start-up
adalah sebuah usaha kewiraswastaan yang biasanya merupakan bisnis baru yang tumbuh
dengan cepat dan berkembang pesat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, peneliti berharap dapat memberikan kontribusi
penting dengan mengintegrasikan tema dari teori teori perilaku terencana (TPB) dan motivasi
wirausaha. Kedua, peneliti ingin membantu mengisi kesenjangan penelitian terkait dampak konteks
pada motivasi kewirausahaan. Studi ini berfokus pada ekonomi yang muncul dari Indonesia.yang
kurang responsif dan banyaknya aset limpahan yang tidak dilengkapi dokumen pendukung.


Keywords


motivasi berwirausaha, sikap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, niat berwirausah

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991), “The theory of planned behavior”, Organizational Behavior and Human Decision

Processes, Vol. 50 No. 2, pp. 179-211.

Aloulou, Wassim. J (2016), Predicting entrepreneurial intentions of final year Saudi university business

students by applying the theory of planned behavior., Journal of Small Business and Enterprise

Development,Vol. 23 No. 4, 2016 pp. 1142-1164.

Dabic, Marina., Daim, Trugul (2012). Exploring gender differences in attitudes of university students

towards entrepreneurship, International Journal of Gender and Entrepreneurship Vol. 4 No. 3,

pp. 316-336.

Iakovleva, T., Kolvereid, L. and Stephan, U. (2011), “Entrepreneurial intentions in developing and

developed countries”, Education + Training, Vol. 53 No. 5, pp. 353-370.

Kautonen, T., Tornikoski, E.T. and Kibler, E. (2011), “Entrepreneurial intentions in the third age: the

impact of perceived age norms”, Small Business Economics, Vol. 37 No. 2, pp. 219-234.

Krueger, N.F., Reilly, M.D. and Carsrud, A.L. (2000), “Competing models of entrepreneurial intentions”,

Journal of Business Venturing, Vol. 15 No. 5, pp. 411-432.

Liñán, F. (2004), “Intention-based models of entrepreneurship education”, Piccolla Impresa/Small

Business, Vol. 3 No. 1, pp. 11-35.

Liñán, F. and Chen, Y.-W. (2009), “Development and cross-cultural application of a specific instrument

to measure entrepreneurial intentions”, Entrepreneurship Theory and Practice, Vol. 33 No. 3, pp.

-617.

Miles, M., Lewis, G., Hall-Phillips, A., Morrish, S., Gilmore, A., & Kasouf, C. (2016). The influence of

entrepreneurial marketing processes and entrepreneurial selfefficacy on community

vulnerability, risk, and resilience. Journal of Strategic Marketing, 24(1), 34–46.

Moriano, J., Gorgievski, M., Laguna, M., Stephan, U., & Zarafshani, K. (2012). A cross-cultural

approach to understanding entrepreneurial intention. Journal of Career Development, 39(2),

–185.

Mueller, S., & Dato-On, M. (2008). Gender-role orientation as a determinant of entrepreneurial selfefficacy. Journal of Developmental Entrepreneurship, 13, 3–20.

Praag, C.M. and Cramer, J.S. (2001), “The roots of entrepreneurship and labor demand: individual

ability and low risk”, Economica, Vol. 68 No. 269, pp. 45-62




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v6i1.880

Article Metrics

Abstract views: 390 | PDF views: 408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats