Inovasi Digital Marketing Strategies Bagi UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar

Septiana Novita Dewi(1*) , Siti Fatonah(2) , Aris Tri Haryanto(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan agar memberikan wawasan bagi UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar untuk dapat mengikuti perkembangan dunia usaha melalui pemanfaatan digital marketing. Upaya meningkatkan strategi penjualan perlu ditingkatkan kembali agar mampu mempertahankan usahanya bahkan meningkatkan penjualan bagi UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar. Dapat diketahui bahwa wilayah UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar adalah sebuah wilayah dengan banyak sekali UMKM yang menyajikan produk-produk lokal dari daerahnya, sehingga potensi daerah menjadi suatu modal utama untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Kabupaten Karangayar adalah kabupaten dengan banyak sekali tempat wisata dan merupakan Kabupaten yang berkembang, sehingga potensi dasar ini menjadi modal bagi UMKM dapat mengembangkan inovasi-inovasi produk serta dapat memasarkan produknya dengan lebih efektif dan efisien. Strategy Digital Marketing ini dapat dilakukan dengan melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial seperti adanya pemasaran produk dengan menggunakan aplikasi market place, Instagram, facebook, story whatshap bahkan media iklan dengan memanfaatkan pihak ketiga yang memiliki pengikut dalam jumlah banyak dan nantinya semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang ditawarkan. Dengan dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan UMKM dapat mengikuti dan memanfaatkan technology digital dalam proses penjualannya dan dapat melakukan penjualan secara online. Hasil dari kegiatan PKM ini mampu memberikan pemahaman bagi UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar tentang promosi online, sehingga mereka sudah berhasil membuat akun di media sosial untuk memasarkan produknya

Keywords


Inovasi UMKM, Digital Marketing Strategy, Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar

Full Text:

PDF

References


Aditya Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi, S. N., Haryanto, A. T., & Wariati, A. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis Digital Di Kelurahan Gebang, Masaran, Sragen. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Dewi, S., & Nuzuli, T. (2017). Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada UKM Rumah Makan di Kabupaten Sragen). Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 12(2), 140 - 152. doi:https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v12i2.676

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (1). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, RR, 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Risa Ratna Gumilang, Implementasi Digital Marketing ... 9 (E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620) Vol 10 No 1, Maret 201

Haryanto, A. T., & Dewi, S. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Pondok Padi Organik di Sragen). Journal of Economic Education, 5(2), 206-213.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i1.1245

Article Metrics

Abstract views: 316 | PDF views: 167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics