Workshop Produksi Konten Siaran Televisi Di Laboratorium Multimedia Terpadu MAN 1 Karanganyar

Heribertus Ary Setyadi(1*) , Bambang Eka Purnama(2) , Pudji Widodo(3) , Sundari Sundari(4)


(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(4) Universitas Duta Bangsa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Media massa televisi merupakan kekuatan strategis dalam penyampaian informasi serta salah satu otoritas sosial yang sangat berpengaruh dalam pembentukan sikap dan norma sosial dalam bermasyarakat. Peran media massa televisi sebagai media massa memiliki fungsi komunikasi massa yaitu fungsi dalam mendidik, menyampaikan informasi, untuk menghibur dan untuk mempengaruhi. MAN 1 Karanganyar telah memiliki gedung yang digunakan khusus untuk laboratorium multimedia terpadu.  Di gedung tersebut digunakan oleh para siswa untuk belajar sekaligus praktik dalam beberapa hal yang berhubungan dengan multimedia. Dengan perangkat yang telah dimiliki, para siswa dapat praktik menggunakan alat yang biasanya digunakan oleh industri kreatif utamanya televisi dan rumah produksi. Laboratorium ini merupakan fasilitas bagi para siswa untuk mengasah ketrampilan dalam bidang produksi karya audio visual. Selama ini pemanfaatan studio belum maksimal padahal peralatan sudah lengkap. Banyak guru dan staff yang belum mengetahui penggunaan alat secara maksimal. Beberapa referensi yang tersedia selama kurang maksimal dalam memberi panduan praktis untuk melakukan broadcast secara profesional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai perencanaan dasar dari suatu konsep acara televisi sebagai landasan kreativitas dan desain produksi yang disesuaikan dengan tujuan dan target pemirsa acara tersebut

Keywords


workshop, penyiaran, televisi, MAN 1 Karanganyar

Full Text:

PDF

References


Ardjo, Anwar Sukito; Yanuar, Padang; Kristiawan, Timotius Anggit; Nugroho, Wahyu Isti. Penerapan Teknologi Produksi Multimedia Pembelajaran Bagi Para Guru SDN Srondol Wetan 01 Kota Semarang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polines, 4(1), 139-147. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/article/view/3358

Kustian, Winda; Aini, Khafita; Maisarah; Muridayani & Afriansyah, Syahrul. 2022. Proses Produksi dan Pemasaran Program Media Radio dan TV. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 1(2), 319-326. https://doi.org/10.37676/jambd.v1i2.2593

Nugraha, Adi & Unde, Andi Alimuddin. 2019. Manajemen Produksi Dan Penyiaran Program Lokal Tvri Stasiun Maluku Dalam Mendukung Ambon Sebagai City Of Music . Kareba : Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.31947/kareba.v8i1.8884

Nurkinan. 2017. Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesia, 2(2), 28-42. https://doi.org/10.35706/jpi.v2i2.962

Saptiyono, Ami; Setyowati, Retno Manuhoro & Julianto, Edi Nurwahyu. 2020. Pelatihan Produksi Acara Televisi pada SMK Negeri 1 Semarang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 293-298. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4201

Supriyadi & Christian, Ade. 2021. Produksi Video Profile Sebagai Sebagai Bentuk Promosi Program Studi Penyiaran Berbasis Multimedia. Jurnal Media Penyiaran, 1(1), 1-8. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/292

Supriyadi, Ery; Arifin, Agus; Della; Aldinop & Alma. 2021. Pendidikan Dan Pelatihan Broadcasting Bagi Masyarakat Lingkar Kampus. E-Coops-Day : Jurnal Ilmiah Abdimas, 2(2), 75-82. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v2i2.902%20for%20articles

Susanti, Santi & Ratmita, Reksa Anggia. 2020. Manajemen Produksi Program Berita Di Inews TV Bandung. JIPSI : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 10(2), 1-17. 10.34010/JIPSI.V10I2.3867

Thifalia, Naurah & Susanti, Santi. 2021. Produksi Konten Visual Dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common, 5(1). 39-55. doi.org/10.34010/common.v5i1.4799

Wilti, Intan Ikhtiarti; Harmonis. 2022. Manajemen Produksi Variety Show dan Sinetron dalam Memenuhi Kepentingan Publik. Persepsi: Communication Journal, 5(1), 61-74. http://dx.doi.org/10.30596%2Fpersepsi.v5i1.9268




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1301

Article Metrics

Abstract views: 265 | PDF views: 203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics