Pemberdayaan Masyarakat Untuk Membentuk Entrepreneur Muda Di Desa Tangkil Kabupaten Sragen

Septiana Novita Dewi(1*) , Aris Tri Haryanto(2) , Siti Fatonah(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Tangkil merupakan 1 (satu) dari 208 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Sragen dan termasuk salah satu dari 8 desa/kelurahan di Kecamatan Sragen. Luas wilayah Desa Tangkil 502.2935 ha. Wilayah Desa terbagi menjadi 3 kebayanan, 16 RW, 36 RT. Desa Tangkil memiliki potensi yang besar dalam bidang wirausaha. Hal ini di dapat dari banyaknya UKM yang ada di Desa Tangkil Kabupaten Sragen. Jumlah perusahaan industri ada 7 tempat dengan produk unggulan : Kerupuk 5 tempat; Keripik Tempe 1 tempat; Keripik Belut 1. Dengan adanya potensi tersebut, bagaimana membuat pemahaman untuk meningkatkan industri-industri kecil di desa Tangkil Kabupaten Sragen. Desa Tangkil Kabupaten Sragen memiliki salah satu misi untuk meningkatkan kualitas SDM yang profesional, sehingga untuk mewujudkan misi tersebut adalah dengan salah satu upaya meningkatkan semangat atau kemauan untuk menjadi Entrepreneur dan mampu menjalankan bisnisnya dengan madiri, sehingga mampu mensejahterakan masyarakat desa Tangkil Kabupaten Sragen. Pentingnya pelatihan pemberdayaan masyarakat untuk membentuk Entrepreneur Desa Tangkil yang Memiliki Jangkauan Market Luas bertujuan untuk membentuk karakter dan pemahaman tentang strategi pemasaran yang tepat untuk dapat menjalankan usahanya dan mampu mencapai keunggulan kompetitif dalam bidang pemasaran. Dengan diadakan kegiatan PKM ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi  pemuda untuk menjadi seorang wirausaha dengan cara memberikan materi-materi tentang kewirausahaan, contoh-contoh pengusaha sukses dan memberikan beberapa startegi yang dapat dilakukan untuk dapat menumbuhkan jiwa wirausaha.


Keywords


Entrepreneur Muda, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. N., & Nuzuli, T. (2017). Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Ukm Rumah Makan Di Kabupaten Sragen). Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 12(2), 140-152.

Dewi, S. N., Fatonah, S., & Haryanto, A. T. (2022). Inovasi Digital Marketing Strategies Bagi UMKM Klaster Mbangun Makutoromo Kabupaten Karanganyar. WASANA NYATA, 6(1), 80-89.

Endah Nawangsasi(1*) , Denny Mahendra(2) , Setyani Sri Haryanti(3), 2022. Upskill Digital Entrepreneurship Sebagai Strategi Bertahan Usaha Mikro Wilayah Nusukan Banjarsari Paska Pandemik Covid-19” Wasana Nyata Vol 6 No. 2 Pp. 155-168. DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1307

Yulian Dwi Nurwanti(1*) , Maya Rosita(2) , Nola Widiyati Chainaris(3) , Siska Indriyani(4) , Tito Sarjono(5) , Welly Dwi Cahya Andryanza(6) , Yoga Dwi Pangestu(7) , Rinto Aditia(8). 2022. Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kadokan, Wasana Nyata Vol 6 No. 2 Pp. 137-147 DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1305




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v7i1.1464

Article Metrics

Abstract views: 128 | PDF views: 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics