Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Mengenai E-Commerce dalam Peluang Usaha bagi Pelaku UMKM di Lingkungan Bhayangkari Cabang Kota Tangerang
(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan internet dan penerapan teknologi yang memudahkan pengguna semakin mempengaruhi sektor bisnis. Para pebisnis mulai memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalankan bisnis mereka atau biasa disebut e-Commerce (perniagaan secara elektronik). Begitupun dengan para pelaku UMKM sudah mulai menyadari bahwa pemanfaatan teknologi dalam memasarkan produk UMKM menjadi aspek yang penting untuk perkembangan usaha. Ibu-Ibu Bhayangkari Cabang Kota Tangerang selain mendampingi suami dalam bertugas, banyak di antara mereka yang sudah mulai mencari peluang usaha dengan menjadi pelaku UMKM. Namun saja banyak keterbatasan dalam mengembangkan usaha yang sudah dirintis dan sudah secara online memasarkan produknya. Namun masih menggunakan media sosial saja begitu pun dalam proses interaksi dan transaksi dengan konsumen. Untuk itu, perlu diadakannya pelatihan untuk peningkatan pemahaman dan pengetahuan Ibu Bhayangkari Cabang Kota Tangerang untuk memanfaatkan e-Commerce dalam meningkatkan peluang usaha dan pemasaran produk UMKM yang sedang dibangun. Pelaku UMKM Ibu Bhayangkari ini juga kesulitan dalam menerapkan operasional yang sistematis, misalnya dalam mencari informasi produk, informasi stok barang, mengetahui konsumen yang telah membeli selama periode tertentu, dan laporan penjualan yang masih dicatat di sebuah buku. Pelatihan dilakukan untuk mendukung pelaku UMKM dari Ibu Bhayangkari dalam memahami, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi e-Commerce untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ehrich, L. C., Hansford, B., & Tennent, L. (2004). Formal Mentoring Programs in Education and Other Professions: A Review of the Literature. Educational Administration Quarterly, 40(4), 518-540. doi:10.1177/0013161X04267118
Fahrurrozi, M., Soekiman, J. S., Gheta, A. K., Sudaryana, Y., & Husain, T. (2020, January-February). Business to Business ecommerce and Role of Knowledge Management. TEST Engineering & Management, 82, 16347-16357.
Ferdian, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan melalui Pengembangan Usaha Kecil Menengah oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UKM di Desa Pompaniki. Journal I La Galigo: Public Administration Journal, 2(1), 60-66. doi:10.35914/ilagaligo.196
Kemenkeu. (2017). Buku Saku Dana Desa. Jakarta: Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
Lisnawati, & Lestari, S. (2019). Analisis Faktor Pembangunan Desa dalam Pengembangan Desa Mandiri Berkelanjutan pada Desa Bunghu Aceh Besar. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 157-167. doi:10.26905/pjiap.v4i2.3390
Nasution, D. A., Erlina, & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia,. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224. doi:10.22216/jbe.v5i2.5313
Pusdiklat Aparatur Perdagangan. (2017, December 01). E-Commerce. Dipetik Januari 2022, dari Majalah → E-Commerce: https://pusdiklat.kemendag.go.id/v2019/article/e-commerce
Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.
Susanto, A. (2021). IT untuk Pembangunan Desa.
Susanto, A., Wijanarto, & Utomo WM, I. (2014). Rekayasa E-Market untuk Kelompok Usaha Pemuda Binaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah sebagai upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Produk UMKM. Prosiding SNATIF Ke-1 (hal. 251-258). Jawa Tengah: Muria Kudus University.
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v7i2.1623
Article Metrics
Abstract views: 120 | PDF views: 65Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata © Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat | View Statistics |