Memulai Ide Bisnis Bagi Karang Taruna Bojong Sari Kota Depok
(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author
Abstract
Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Adapun tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membangun motivasi bagi anggota Karang Taruna dalam memulai ide baru balam memulai usaha, memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para anggota kelompok dalam mengembangkan kemampuan dan memaksimalkan sumberdaya yang ada, memberikan pengetahuan tentang ide bisnis dalam meningkatkan pemaaran produk agar terus tumbuh dan produktif, dan memberikan pemahaman bisnis tentang keuntungan dalam mengatur mengelola promosi dan pemasaran yang baik. Khalayak sasaran pelaksanaan pengabdian Masyarakat ini ini adalah anggota Karang Taruna Desa Bojongsari Baru Kecamatan Bojongsari Kota Depok. Secara keseluruan kegiatan berjalan dengan lancar, meski terjadi beberapa kendala. Beberapa tujuan dari kegiatan ini tidak tercapai karena kondisi yang ditemukan dilapangan, akan tetapi pergantian peserta kegiatan dan acara-acara yang diprogramkan tidak menemukan kendala sehingga luaran yang diharapkan dapat tercapai. Selain pemahaman tentang memulai ide bisnis juga diharapkan penetahuan tentang bisnis dapat meningkat, peserta juga mendapatkan kemampuan tambahan yaitu pembuatan tehnik-tehnik dalam memasarkan produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-farrizy, T. (2020). Analisis Kelayakan Aspek Pasar dan Pemasaran Produk Sepatu Kulit Emuin di Bandung. FTIK Teknik Industri. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Aminah, A. N. (2022, November 21). Karang Taruna Depok Dorong Anggotanya Menjadi Wirausaha. Dipetik Januari 2024, dari News Republika: https://news.republika.co.id/berita/rlom8r384/karang-taruna-depok-dorong-anggotanya-menjadi-wirausaha#google_vignette
Dhisa, W. A. (2014). Perancangan Kampanye Kegiatan Organissi Karang Taruna bagi Generasi Muda di Kota Bandung - Studi Kasus: RW 09 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Fakultas Seni & Desain. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri RI. (2022, Pebruari 04). Ditjen Bina Pemdes dan Kemensos Duduk Bersama Bahas Karang Taruna dalam Sinergi yang Tepat Dengan Pemdes. Dipetik Januari 2024, dari http://binapemdes.kemendagri.go.id/blog/detil/ditjen-bina-pemdes-dan-kemensos-duduk-bersama-bahas-karang-taruna-dalam-sinergi-yang-tepat-dengan-pemdes
Fatoni, M. (2015). Peranan Karang Taruna Sejati dalam Upaya Pemberdayaan Pemuda pada Bidang Wirausaha di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Fakultas Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Kompasiana. (2021, Oktober 11). Pengenalan Marketplace kepada Masyarakat Karang Taruna Bojongsari Depok. Dipetik Januari 2024, dari Kompasiana: Ilmu Alam & Tekno: https://www.kompasiana.com/nadiaaulia4289/6163f8f401019015fd60493c/pengenalan-marketplace-kepada-masyarakat-karang-taruna-bojongsari-depok
Menteri Sosial RI. (2010). Peraturan Menteri Sosial Nomor 77/HUK/2010 Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Jakarta.
Naulina Mandalika, B., Kustiawan, & Anggria Pratama, R. (2023). Peran Karang Taruna terhadap Kesejahteraan Sosial di Kecamatan Belakang Padang 2021-2022. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kepulauan Riau: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Primiana, I. (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM dan Industri (Vol. 2). Bandung: Alfabeta.
Putri, M. S. (2022, Mei 12). Karang Taruna: Pengertian, Fungsi, hingga Dasar Hukumnya. (Wisnu, Editor, & Media Group - mediaindonesia) Dipetik Pebruari 2024, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/491968/karang-taruna-pengertian-fungsi-hingga-dasar-hukumnya
Rama, A. (2023, November 7). Aplikasi Solusee Indonesia, Karya Karang Taruna Kelurahan Mampang untuk Memajukan Ekonomi Masyarakat. Dipetik Januari 2024, dari Radar Depok: https://www.radardepok.com/metropolis/94610772895/aplikasi-solusee-indonesia-karya-karang-taruna-kelurahan-mampang-untuk-memajukan-ekonomi-masyarakat
Sulastri. (2022, Desember 06). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. (D. J. Kekayaan Negara, Produser, & Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat) Dipetik Oktober 2023, dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html
Suradi. (2019, Oktober 22). Karang Taruna, Agen Perubahan dan Pengembangan Masyarakat di Pandeglang. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 8(3), 241-254.
Taufik, A., Budiyantara, A., & Husain, T. (2021). Pelatihan Manajemen Administrasi Pendidikan Dan Sistem Informasi Akademik Kepada Tenaga Kependidikan Di Direktorat Pendidikan Idrisiyyah Tasikmalaya. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 205-212. doi:10.24127/sss.v5i2.1703
Tomo, W. (2023). Penggunaan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Minat Pemuda pada Organisasi Karang Taruna Wilayah Pancoran Jakarta Selatan. Fakultas Ilmu Politik. Universitas Negeri Jakarta.
Umar, H. (2005). Studi Kelayakan Bisnis (3, Revisi ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Widodo, A. S. (2012). Start Your Own Business. Inspirational Net. (Vol. 1). (M. F. Assafari, & H. Kurniawan, Penyunt.) Yogyakarta: Jaring Inspiratif.
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1754
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat |