Pengelolaan Produk Ukm Jamu Tradisional Desa Giribangun Kabupaten Karanganyar

Endah Nawangsasi(1*) , Setyani Sri Haryanti(2) , Heriyanta Budi Utama(3) , Endang Saryanti(4)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(4) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh kelompok PKM Universitas Dharma AUB Surakarta ini, bertujuan untuk mengetahui dan membantu kelompok UMKM di desa Giribangun Kabupaten Karanganyar tentang pengelolaan jamu tradisional yang sudah berdiri sejak th 2013 kelompok  UMKM yang telah lama berdiri tersebut merupakan salah satu peluang mengatasi pengangguran dan juga untuk mengembangkan bisnis di daerah wisata tersebut. 

Pengelolaan usaha jamu tradisional yang berasal dari bahan bahan dasar empon-empon, kunir, temu lawak, sangat diminati masyarakat sekitar dan wisatawan oleh karena itu perlu mendapat perhatian tersendiri yang berkaitan dengan pengelolaan usaha, secara terus menerus, antara lain, cara mengelola SDM, kreatifitas dan inovasi, produsen, strategi pemasaran. strategi pemasaran diera globalisasi merupakan hal utamanya, karena persaingan bisnis terus bertambah, hal ini tantangan bagi produsen dalam membuat produknya lebih berkualitas. Ada tujuh (7)bauran pemasaranyang harus diperhatikan antara lain: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), buktifisik perusahaan(phnical) proses(process)


Keywords


jamu tradisional, keberhasilan usaha dan bauran pemasaran

Full Text:

PDF

References


Dodol Rasa Buah Lokal. Jurnal Ilmiah Pertanian, 17(1), 1-12. https://doi.org/10.31849/jip.v17i1.3892

DJKN. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-

Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Effendy, A. A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis Kewirausahaan & Koperasi, 1 (1), 79-95.

Fitriani, A., & Hukmah, A. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Wirausaha Saffanah Cake Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Maros. Journal Of Communikation Sciences, 4.

Illustrations Of Exhibition Social Media Marketing. Journal Of Convention&Event Tourism, 19(4-5), 399-419.

Ida Farida, Achmad Tarmizi, Y. N. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Riset Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 31-40.

Jones, N., Brogman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact Of Social Media On Small Bussines Strategy: The SME Under globalization. Jurnal Of Small Business And Enterprise Development, 22(4), 611-632.

Kaligis, T. I., Mandey, S. L., & Roring, F. (2021). Evaluasi Strategi Bauran Pemasaran Pada Rumah Makan Box Weal Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1775-1785.

Khaudli, M. I., & Kiya, M. A. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran Home Industri Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Penjualan Keripik di Koperasi Al-Anwar Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Darussalam, 13.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 2 (Edisi Mill). PT Prenhallindo Jakarta.

Kusumawaty, Y. (2020). Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Khas Riau (Keripik Nenas Dan Rengginang Ubi Kayu). Jurnal Agribisnis, 20(2), 124- 138. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/agr.v2012.2235

Melinia, Muhammad Iqbal Fasa, S. (2021). Implementasi Marketing Mix Strategy Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Aneka Keripik Sungkai Jaya Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 08(2).

Nurhadi, & Salim, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Industri tempe Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Kabupaten Sri Indrapura Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3 (2), 140-158.

Park, Y. W., & Shintaku, J. (2016). The Replication Process Of a Global Localisation Strategy: a Case Study Of Korean Firms. International Journal Of Bussines Innovation And Research, 10 (1), 8-25.

Purbasani, G. B., Suwarno, Yusuf, M., & Unwanullah, A. (2021). Strategi

Pemasaran Home Industri Makanan Ringan (Studi Kasus Keripik Gerus Desa Prunggahan Wetan Kec. Semanding Kab. Tuban). Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 2, 31.

Ramadani, R. D. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoharjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2).

Rina, N., & Yuriadi. R. wahyu. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Brand Image broownies Amanda Sebagai Kue Oleh-Oleh Bandung. Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, 5 (1), 66-73.

Rohmah, W. (2021). Keputusan Pembelian Online Konsumen Shopee Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Journal Competncy Of Business, 5 (1).

Rusmadi, R. (2016). Analisis Strategi Pemasara Bisnis Modern. Syntax Literate; Juranl Ilmiah Indonesia, 1(3), 96-78.

Saragih, A., Anggreni, L., & Yudhari, I. D. A. S. (2017). Bauran Pemasaran Kacang Asin Merek Cendrawasih Pada UD. Monang Denpasar-Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 6(1), 39-48.

Sari, R. A., & Handayani, T. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Melalui Bauran Pemasaran (Studi Kasus Rumah UKM Berkah Desa Resam Lapis). Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6.

Samo, & Raditya, F. T. (2021). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Keripik Pisang (Studi Kasus UKM Seleraku Banjarnegara). Jurnal Ekonomia, 11(2), Tjiptono, F. (2015), Strategi Pemasaran. Penerbit ANDI. 11(2).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). 29(1). 59-66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinagor, Sumedang. Jurnal ABDIMAS BSI, 3.

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado, Jurnal EMBA, 9(4), 216–226.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1758

Article Metrics

Abstract views: 64 | PDF views: 58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics