Pelatihan Penggunaan Platform Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk Kerajinan Wayang Kalurahan Bangunjiwo

Lina Ayu Safitri(1*) , Chriswardana Bayu Dewa(2) , Vadlya Maarif(3) , Pudji Widodo(4)


(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(4) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Marketplace berkonsep seperti pasar yang berlokasi di internet, yang mana pemilik berperan sebagai pihak yang mempertemukan penjual dan pembeli melalui media seperti website maupun sebuah aplikasi online lainnya. Beberapa marketplace tersebut bertujuan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan para pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya kedalam pangsa pasar yang lebih luas secara efektif, praktis, hemat dan efisien dalam upaya mendapatkan pelanggan. Pariwisata unggulan didaerah Bangunjiwo terletak pada sector industri kerajinan. Salah satunya adalah kerajinan wayang yang berada didaerah Gendeng. Melihat begitu banyaknya potensi kerajinan yang berada di daerah Bangunjiwo maka diperlukan pengelolaan usaha yang baik agar produk kerajinan yang dihasilkan dapat dikenal secara luas, dapat dipasarkan dan mendapatkan peluang lebih baik yang harapan nantinya dapat meningkatkan penjualan yang berimbas meningkatnya tingkat perekonomian para pengrajin. Pelatihan penggunaan platform marketplace sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan wayang di Kalurahan Bangunjiwo dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai cara memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk mereka. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pendampingan pasca pelatihan. Hasil dari dilaksanakannya pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan platform marketplace yang diharapkan berdampak positif pada penjualan produk kerajinan.

Keywords


Pelatihan, Marketplace, Produk Kerajinan, Strategi Penjualan

Full Text:

PDF

References


Afifah, L., Najamuddin, M., & Humaeira, B. (2019). Efektivitas Media Promosi Pada Produk

Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich. Agribusiness Journal, 13(1), 1–17.

https://doi.org/10.15408/aj.v13i1.11868

Armilda, A. S., Fakhri, S., Zahro, F. K., Puspita, A. C., Hanafi, A., & Safitri, N. D. A. (2024).

Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Batik Ayu

Arimbi, Sleman, Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat),

(1), 185. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.21203

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan

Konsentrasi. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10.

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing

Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan

Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Lenti Susana Saragih, Aurora Elise Putriku, Silvia Diva Sari, Yessi Novitasari Laia, & Yoga

Syahputra. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya

Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(3),

–72. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.174

Ma’rifah, I., W, B. R. I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam

Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue : Jurnal

Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349–356. https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78

Mustofa, D., Nurfaizal, Y., Innolda, D., & Al Azhar, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Market

Place sebagai Media Pemasaran Online di Paguyuban Tanaman Hias Desa Ciberem untuk

Memperluas Pemasaran di Era Pandemi. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),

–49. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.230

Nugroho, H. S., Fidali, N., Rizky, M., Tio, S., Viviani, A., Studi, P., Pemerintahan, I., Arsitektur,

P. S., Studi, P., Pemerintahan, I., Studi, P., & Pemerintahan, I. (2021). Melalui Marketplace

Produk Kerajinan Clay Bengkel Kreasi. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), Volume 7 N, 94–

Soekiman, J. S., Baktiono, A., & Artaya, I. P. (2018). Optimization of governance model of postfood harest and distribution in msme centers in 5 subdistricts in sidoarjo regency. Journal of

Economics, Business, & Accountancy Ventura, 20(3), 295–308.

https://doi.org/10.14414/jebav.v20i3.1089

https://bangunjiwo-bantul.desa.id




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i2.1828

Article Metrics

Abstract views: 37 | PDF views: 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics