Personal Branding Produk Umkm Dalam Mengembangkan Potensi Daerah

Dian Nur Mastuti(1*) , Indriyana Widyastuti(2) , Siti Hayati Efi Friantin(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan menggunakan personal branding produk UMKM guna mengembangkan potensi daerah. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah yang memiliki kekayaan lokal namun kurang terekspos secara luas. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan merancang elemen visual dan narasi merek, seperti logo, kemasan, dan tagline. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merancang dan menerapkan personal branding untuk produk mereka. Dampak dari kegiatan ini terlihat pada meningkatnya kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya mempromosikan potensi lokal sebagai bagian dari identitas produk mereka. Kegiatan ini menegaskan pentingnya personal branding sebagai strategi pengembangan UMKM yang tidak hanya mendukung keberlanjutan usaha, tetapi juga berkontribusi dalam mempromosikan keunikan dan potensi daerah secara efektif.


Keywords


Personal Branding, UMKM, Potensi Daerah, Promosi Lokal, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Christina Yanita Setyawati, L. L. (2023). Program Pelatihan Personal Branding Untuk Siswa-Siswi SMAK Frateran Surabaya. Jurnal Consortium, 221-228.

DIGIMA, A. (2024, Agustus 22). Membangun Pemasaran UMKM dengan Pendekatan Storytelling. Retrieved from DIGIMA: https://digima.co.id/membangun-pemasaran-umkm-dengan-pendekatan-storytelling/?utm_source=chatgpt.com

Duhri, M. K. (2016, Maret Senin). PELESTARIAN TANAMAN LANGKA : Ini 9 Tanaman Langka Yang Dikembangkan SMAN 1 Plupuh. Sragen: Solo Pos.

Gunarso, B. P. (2021). Strategi Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Olahan Buah Belimbing sebagai Produk Unggulan Daerah. Malang: Universitas Brawijaya.

Japarianto, C. Y. (2020). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N . JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA, 1-8.

Prayogi , A., & Kirom , M. (2022). ASSISTANCE IN DEVELOPING THE DIGITALIZATION OF MSMES FOR THE WONOYOSO VILLAGE COMMUNITY OF PEKALONGAN IN FACING THE NEW NORMAL ERA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24. doi:https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652

Putri1, N. C. (2024). Komunikasi Pemasaran melalui Storytelling Media SosialInstagram Live Klinik Kopi Yogyakarta. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 429-441.

Rahayu, R. P. (2022). The Influence of Home Industry Batik on Enhancement Village Community Income Pungsari, Plupuh, Sragen, Year 2021. Journal Of Geography Science and Education (JGSE), 51-58.

Ratna, M. P. (2023). Perancangan kultural Mapping sebagai Branding UMKM Desa Dermasuci, kabupaten Tegal. Harmoni, 66-71.

Statistik, B. P. (2022). Kecamatan Plupuh Dalam Angka 2022. Sragen: Badan Pusat Statistik, Kabupaten Sragen.

Wibowo, G. A. (2022, Agustus Selasa). Kerajinan Bambu di desa Bendungan Sragen Targetkan Pasar ekspor. Sragen, Jawa Tengah, Indonesia, .

Zahro, S. (2024, Oktober Kamis). Kolaborasi Akademisi dan UMKM Anyaman Bambu Tembus Pasar Internasional. Jombang, Jawa Tengah, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i2.1857

Article Metrics

Abstract views: 52 | PDF views: 11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics