EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN ONLINE BAGI MUSEUM KRATON KASUNANAN SURAKARTA

BRM Suryo Triono(1*) , Cahyani Tunggal Sari(2)


(1) Prodi Manajemen
(2) Prodi Manajemen
(*) Corresponding Author

Abstract


Museum Kraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu tujuan wisata di Kota Surakarta. Pemasaran sangat dibutuhkan bagi sebuah obyek tujuan wisata. Saat ini, pemasaran tidak hanya bisa dilakukan melalui media cetak seperti brosur, Koran, dan majalah, tetapi juga dapat dilakukan melalui pemasaran online melalui internet dan sosial media. Karyawan Museum Kraton Kasunanan Surakarta perlu meningkatkan pengetahuan dalam pemasaran online karena sampai saat ini, pemasaran online yang dilakukan sebatas informasi lokasi di internet. Harapannya, dengan semakin banyak karyawan yang menguasai pemasaran online khususnya sosial media, mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Museum Kraton Kasunanan Surakarta. Pelatihan penguasaan sosial media untuk karyawan Museum Kraton Kasunanan Surakarta ini bertujuan untuk memberikan kinerja yang lebih baik sehingga tercermin pada kualitas layanan Museum Kraton Kasunanan Surakarta sebagai salah satu tujuan wisata. Pemasaran melalui sosial media yang diajarkan antara lain facebook dan instagram. Kegiatan pelatihan sosial media pada pengabdian masyarakat ini telah terselenggara dengan baik sesuai dengan jadwal. Respon dari peserta sangat baik, tercermin dalam kehadiran seluruh karyawan Museum Kraton Kasunanan Surakarta yang berjumlah 25 orang. Seluruh peserta, baik staf maupun pihak pengurus Museum Kraton Kasunanan Surakarta bertahan sampai dengan acara usai.

Kata Kunci : pemasaran online, social media, Museum Kraton Kasunanan Surakarta


Full Text:

PDF

References


Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social media". Business Horizons 53(1): 59–68.

Kietzmann, Jan H.; Kris Hermkens, Ian P. McCarthy, and Bruno S. Silvestre (2011). "Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media". Business Horizons 54 (3): 241–251. doi:10.1016/j.bushor.2011.01.005. ISSN 0007-6813. Diakses tanggal 2011-08-23.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v1i2.199

Article Metrics

Abstract views: 1048 | PDF views: 843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics