PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN : MEMBUAT KUE TRADISIONAL DAN PROMOSI DIGITAL DI PUJOKUSUMAN KELURAHAN KEPARAKAN KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA
Jajuk Herawati
(1*)
, Nonik Kusumaningrum
(2)
, Pristin Prima Sari
(3)
, Alfiatul Maulida
(4)
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat wirausaha kue tradisional bagi Ibu-Ibu PKK Pujokusuman Kelurahan Keparakan Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Kegiatan pengabdian telah diikuti oleh 14 Ibu-Ibu PKK Pujokusuman Kelurahan Keparakan Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Metode kegiatan adalah praktek membuat kue tradisional, ceramah kewirausahaan dan promosi kue Tradisional, digital marketing, instagram dan Financial Technology dan diskusi tanya-jawab antara peserta dan Tim Pengabdian. Hasil Dari kegiatan adalah Ibu-Ibu dapat membuat kue tradisional dan memiliki akun instagram untuk digital marketing serta dapat mengenal dan menggunakan financial technology untuk bisnis. Dari hasil post test dan pre test Ibu-Ibu PKK Pujokusuman mengalami peningkatan pengetahuan tentang kewirausahaan dan promosi digital kue tradisional sebesar 71,25%. Dari hasil pengisian kuesioner oleh peserta pengabdian dapat diketahui bahwa mayoritas Ibu-Ibu PKK Pujokusuman berkeinginan segera membuka bisnis kue. Keberhasilan kegiatan pengabdian didukung adanya peran aktif antara peserta dan tim pengabdian dan sikap antusias serta semangat dari peserta.
Keywords
Kewirausahaan;Kue Tradisional;Digital Marketing;Financial Technology
References
Kotler, P. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), 188–193. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T
DOI:
https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i2.524
Article Metrics
Abstract views: 342
| Untitled views: 392
Refbacks
- There are currently no refbacks.