Penguatan Manajemen Usaha Digital Design

Tri Purwani(1*) , Alexander Dharmawan(2) , Yani Prihati(3)


(1) Universitas AKI Semarang
(2) Universitas AKI Semarang
(3) Universitas AKI Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian negara sekaligus sebagai tulang punggung penanggulangan kemiskinan dan pengangguran.  Walaupun begitu,  UMKM cenderung rentan terhadap tekanan baik dari pihak internal maupun eksternal sehingga agar tetap bisa bertahan dan berkembang, dibutuhkan dukungan dari pemerintah terutama berkaitan dengan permodalan, akses pasar dan perijinan usaha.

Sebagai salah satu UMKM, usaha disain dan konveksi WE Clothing menghadapi beberapa permasalahan yaitu bagaimana memperkuat usaha yang selama ini sudah berjalan dan bagaimana meningkatkan dan memperluas pangsa pasar. Permasalahan pertama disebabkan oleh belum lengkapnya peralatan produksi yang tersedia sehingga proses produksi yang membutuhkan peralatan tersebut tidak bisa ditangani sendiri dan harus diserahkan ke pihak lain. Untuk itu solusi yang ditawarkan adalah  meningkatkan pengelolaan pengembangan usaha melalui pelatihan dan pendampingan manajemen usaha dan meningkatkan kemandirian produksi dengan menyediakan alat tambahan. Masih terbatasnya pangsa pasar disebabkan oleh belum dilakukannya beberapa aktifitas dengan optimal dan masih kurangnya kepercayaan konsumen terhadap produk. Oleh karena itu solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan web untuk memasarkan produk secara online.

Hasil yang deperoleh dari solusi yang diberikan tersebut, membawa dampak positif bagi perkembangan usaha We Clothing yaitu a)ada perbaikan manajemen usaha, yaitu adanya laporan keuangan; b)adanya perbaikan kualitas produk yang lebih baik pada saat menggunakan mesin lama dibandingkan dengan pada saat menggunakan mesin baru, serta c) ada peningkatan order baik dari sisi kuantitas maupun dari sisi perluasan wilayah.

 

Keywords: manajemen, digital, design


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Dewan Pengurus Pusat IWAPI Pusat, tanpa tahun, Peran Koperasi Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah, https://iwapi.id/peran-koperasi-bagi-umkm-usaha-mikro-kecil-menengah/ , diakses 29 Mei 2017.

Kasmir, S. E, M. M. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lilabror, K., 2017, Strategi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Konveksi di Kota Semarang dalam Pasar Terbuka Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, No.1, Vol.6, 1-6, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/14566

Oktavianus, B.C.,2017, Peluang Dan Tantangan Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), 2017, https://www.cermati.com/artikel/peluang-dan-tantangan-dalam-masyarakat-ekonomi-asean-mea, diakses 23 Juni 2017

Ramelan, Rahardi. 2007. Peran Dan Strategi Manajemen Teknologi Dalam Membangun Sustainabilitas Industri Dan Bisnis Dalam Era Globalisasi : Kreativitas Dan Inovasi Dalam Persaingan Global.

Rodhiyah, 2015, Dampak Sosial Ekonomi Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Konveksi Di Kota Semarang, Jurnal Ilmu Sosial, No. 1, Vol.14, 1-14.

Setyo Wiyono, 2008, Konveksi Wedi, (http://www.google.com) diakses 2 Desember 2007.

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suryana, M. Si, Dr. 2001. Kewirausahaan, Jakarta, Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i2.562

Article Metrics

Abstract views: 341 | Untitled views: 196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics