PELATIHAN BISNIS ONLINE GUNA MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA GENERASI MUDA
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Salah satu karakter yang harus digalakkan pada generasi muda adalah jiwa eunterpreneurship. Semangat kewirausahaan perlu dibangun sejak dini sebagai fondasi di masa depan agar lapangan kerja semakin terbuka lebar dengan iklim bisnis yang penuh dengan inovasi. Trend yang sedang mengemuka di Indonesia adalah bisnis online. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja. Bisnis Online mudah dijalankan dan murah, karena banyak mengeluarkan modal yang sangat besar. Cukup dengan foto produk yang dijual serta posting foto tersebut di media sosial. Hampir semua orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka inginkan. Merupakan sebuah media yang memungkinkan customer membeli barang atau jasa secara langsung dari seller dengan media internet dengan menggunakan web browser. Hanya dengan membuka internet atau handphone saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah.Pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi adalah dengan: 1)Menumbuhkan Jiwa Wirausaha, 2)Memberi pemahaman menjadi wirausaha yang sukses, 3)Memberikan pemahaman bisnis online, 4)Memberikan pemahaman keuntungan bisnis online, 5)Memberikan pelatihan bisnis online, 6)Mendampingi generasi muda dalam bisnis online. Setelah mengikuti pelatihan beberapa peserta tertarik untuk melakukan bisnis online.
Kata kunci: kewirausahaan, bisnis onlineFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Khasali, Renald, 2010, Wirausaha Muda Mandiri: Ketika Anak Sekola Berbisnis, Jakarta: PT. Gramedia
Meredith, Geoffrey G et all, 2000, Kewirausahaan: Teori dan Praktek, diterjemahkan oleh Andre Asparsayogi, Jakarta
Mujiarto dan Wahid, aliaras, 2006, Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Geoffrey G. Meredith, et. Al. (2000). Kewirausahaan Teori dan Praktek, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
Justin G. Longenecker dkk. (2001). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
http://www.rumahtips.com/7-tips-menumbuhkan-jiwa-wirausaha.html
Alma, Buchari. (2009). Kewirausahaan Bandung: Alfabeta
Kenrianto, Iwan. (2018), Bisnis Online Revolution, Jakarta: Gramedia
Susanto, GM. (2017), The Power Of Digital Marketing, Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i1.580
Article Metrics
Abstract views: 925 | PDF views: 950Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata © Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat | View Statistics |