Upaya Memultiliterasikan Warga Di Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Multiliterasi adalah salah satu upaya untuk membangun masyarakat berpengetahuan yang pada akhirnya dapat mencerdaskan kehidupan bangsa (Alhumami, 2018). Kecerdasan kehidupan bangsa bersumber pada kecerdasan warga di setiap desa. Kecerdasan bukan hanya berbentuk kemampuan membaca dan menulis namun juga kemampuan akan berbagai hal yang terkait dengan kemajuan teknologi dan informasi. Kemudahan akses informasi dan teknologi ini bisa membantu warga desa menjadi berpengetahuan di berbagai hal atau disebut multiliterasi. Dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupa Penyuluhan tentang Upaya Memultiliterasikan Warga di Desa Teloyo, Kecamatan wonosari Kabupaten Klaten kami menemukan hasil bahwa (1) Warga perlu mengetahui ihwal pendidikan di lingkungannya, misalnya jenjang pendidikan warga dan berbagai hal terkait pembangunan Sumber Daya Manusia. (2) Mayoritas penduduk berusia antara 12 - 60 tahun dan sebagian besar diantara mereka adalah pelajar (SD, SLTP dan SLTA) yang sangat rentan terhadap kemampuan membaca, serta minim terhadap akses multiliterasi. (3) Pemangku kepentingan dari pihak kepala daerah (bupati/kepala desa) belum maksimal dalam mendukung warganya menjadi multiliterat. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, sebagai realisasi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggiini adalah (1) Membantu warga untuk melek dalam berbagai hal, minimal mencakup literasi: baca-tulis, sains, numerasi, media, finansial, budaya dan kewargaan. (2) Membantu warga memahami literasi kriminal, kesehatan, dan keselamatan dengan cara mengarahkankompetensiuntuk memecahkan masalah kompleks, meliputi kemampuan berpikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi (3) Memahamkan bahwa multiliterat, kompetensi, dan karakter sebagai paradigma pembangunan Indonesia selayaknya diimplementasikan pada konteks keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AG. Eka Wenats Wuryanta, (2016) Pergeseran Epistemik dalam Teori Komunikasi
Massa ke Komunikasi Bermedia, Universitas Paramadina, Jakarta
Awich Alhumami, (2018) Prioritas Nasional Pembangunan Manusia, Jakarta
Azis Toba, (2017) Paradigma Pembelajaran Berbasis Multiliterasi di Abad 21,
Universitas Muhammadiyah Makassar
Demografi, (2018) Demografi Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari Klaten
Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, (2020) Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir Tahun
dan Persiapan Tahun 2021, Klaten
Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, (2018)
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Jakarta
Junaidi Alwi, (2014) Definisi dan arti Vidiotron; https://junaedialwi.com/definisi-
videotron/
Mendikbud, (2017) Penghargaan Literasi Prioritas, Jakarta
Pangesti Wiedarti, (2017) Ketua Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud Yogyakarta Dosen Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Yogyakarta, pangesti@uny.ac.id
Puspendik Kemdikbud. (2016) Kemampuan Membaca Siswa SD Kelas IV
Sri Mulyani Indrawati, (2017) Pertemuan Tahunan Dana Moneter International (IMF) dan Bank Dunia, Washington DC, US
Sri Suharmini Wahyuningsih, (2017) Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital,
Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka
Teks pidato pembukaan disampaikan kepada Wapres Jusuf Kalla, Menteri Bappenas, Menkeu, Dirjen Bangda, dan para narasumber pada Rakornas Bidang Perpustakaan 2018, di Jakarta, 26-28 Maret 2018.
U’um Qomariyah, (2017) Pengembangan Kecakapan Multiliterasi Melalui Strategi
Membangun Komunitas Literasi Terpadu Sebagai Upaya Penguatan Karakter, Universitas Negeri Semarang Pos-el: uum@mail.unnes.ac.id
Undang-Undang Republik Indonesia, (2014) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
USAID Indonesia, (2020) Pembangunan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan
Kemitraan https://www.usaid.gov/id/indonesia/education
Y Solihin, (2017) Pembelajaran Multiliterasi, Didesain Untuk Mampu Menghubungkan
Keterampilan Multiliterasi. (Membaca, Menulis, Berbahasa Lisan, dan Ber-IT), Jakarta
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v5i1.853
Article Metrics
Abstract views: 250 | PDF views: 148Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata © Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat | View Statistics |