Upaya Memultiliterasikan Warga Di Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten

Ipung Sri Purwanti Hery(1*) , Endah Nawangsasi(2) , Hanif Safika Rizky(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Multiliterasi adalah salah satu upaya untuk membangun masyarakat berpengetahuan yang pada akhirnya dapat mencerdaskan kehidupan bangsa (Alhumami, 2018). Kecerdasan kehidupan bangsa bersumber pada kecerdasan warga di setiap desa. Kecerdasan bukan hanya berbentuk kemampuan membaca dan menulis namun juga kemampuan akan berbagai hal yang terkait dengan kemajuan teknologi dan informasi. Kemudahan akses informasi dan teknologi ini bisa membantu warga desa menjadi berpengetahuan di berbagai hal atau disebut multiliterasi. Dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupa Penyuluhan tentang Upaya Memultiliterasikan Warga di Desa Teloyo, Kecamatan wonosari Kabupaten Klaten kami menemukan hasil bahwa (1) Warga perlu mengetahui ihwal pendidikan di lingkungannya, misalnya jenjang pendidikan warga dan berbagai hal terkait pembangunan Sumber Daya Manusia. (2) Mayoritas penduduk berusia antara 12 - 60 tahun dan sebagian besar diantara mereka adalah pelajar (SD, SLTP dan SLTA) yang sangat rentan terhadap kemampuan membaca, serta minim terhadap akses multiliterasi. (3) Pemangku kepentingan dari pihak kepala daerah (bupati/kepala desa) belum maksimal dalam mendukung warganya menjadi multiliterat. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, sebagai realisasi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggiini adalah (1) Membantu warga untuk melek dalam berbagai hal, minimal mencakup literasi: baca-tulis, sains, numerasi, media, finansial, budaya dan kewargaan. (2) Membantu warga memahami literasi kriminal, kesehatan, dan keselamatan dengan cara mengarahkankompetensiuntuk memecahkan masalah kompleks, meliputi kemampuan berpikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi (3) Memahamkan bahwa multiliterat, kompetensi, dan karakter sebagai paradigma pembangunan Indonesia selayaknya diimplementasikan pada konteks keluarga, sekolah, dan masyarakat.


Keywords


Multiliterasi, Komunikasi, Implementasi, Realisasi, Pembangunan Desa

Full Text:

PDF

References


AG. Eka Wenats Wuryanta, (2016) Pergeseran Epistemik dalam Teori Komunikasi

Massa ke Komunikasi Bermedia, Universitas Paramadina, Jakarta

Awich Alhumami, (2018) Prioritas Nasional Pembangunan Manusia, Jakarta

Azis Toba, (2017) Paradigma Pembelajaran Berbasis Multiliterasi di Abad 21,

Universitas Muhammadiyah Makassar

Demografi, (2018) Demografi Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari Klaten

Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, (2020) Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir Tahun

dan Persiapan Tahun 2021, Klaten

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, (2018)

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Jakarta

Junaidi Alwi, (2014) Definisi dan arti Vidiotron; https://junaedialwi.com/definisi-

videotron/

Mendikbud, (2017) Penghargaan Literasi Prioritas, Jakarta

Pangesti Wiedarti, (2017) Ketua Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud Yogyakarta Dosen Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Yogyakarta, pangesti@uny.ac.id

Puspendik Kemdikbud. (2016) Kemampuan Membaca Siswa SD Kelas IV

Sri Mulyani Indrawati, (2017) Pertemuan Tahunan Dana Moneter International (IMF) dan Bank Dunia, Washington DC, US

Sri Suharmini Wahyuningsih, (2017) Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital,

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka

Teks pidato pembukaan disampaikan kepada Wapres Jusuf Kalla, Menteri Bappenas, Menkeu, Dirjen Bangda, dan para narasumber pada Rakornas Bidang Perpustakaan 2018, di Jakarta, 26-28 Maret 2018.

U’um Qomariyah, (2017) Pengembangan Kecakapan Multiliterasi Melalui Strategi

Membangun Komunitas Literasi Terpadu Sebagai Upaya Penguatan Karakter, Universitas Negeri Semarang Pos-el: uum@mail.unnes.ac.id

Undang-Undang Republik Indonesia, (2014) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

USAID Indonesia, (2020) Pembangunan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan

Kemitraan https://www.usaid.gov/id/indonesia/education

Y Solihin, (2017) Pembelajaran Multiliterasi, Didesain Untuk Mampu Menghubungkan

Keterampilan Multiliterasi. (Membaca, Menulis, Berbahasa Lisan, dan Ber-IT), Jakarta




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v5i1.853

Article Metrics

Abstract views: 250 | PDF views: 148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics