Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik Marjuki Hadi Di Pasar Klewer Surakarta

Khoirunnisa Citraningrum(1*) , Yofhi Septian Panglipurningrum(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Batik Marjuki Hadi di Pasar Klewer Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Batik Marjuki Hadi di Pasar Klewer Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai  signifikansi sebesar 0,013, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai  signifikansi sebesar 0,001 sedangkan promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai  signifikansi sebesar 0,276. Secara simultan kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai F signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan variabel kualitas produk, harga dan promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 51,6% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R square sebesar 0,516 sedangkan sisanya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini

Keywords


;Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Harga; Promosi

Full Text:

PDF

References


Abdullah Tamrin, Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 3. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE UGM.

Kotler, Philip. 2007. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principlies Of Marketing. Edisi Ketigabelas. United States Of America: Pearson

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, dan Chin Tiong Tan. 2000. Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia. Yogyakarta: ANDI.

Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Unit & Percetakan Akademi Manajemen YKPN.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Rewoldt. 2001. Manajemen Strategik, Pengantar Proses Berfikir Strategik. Jakarta: Erlangga.

Saladin. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Alih bahasa Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Setiaji, Bambang. 2008. Cara Mudah Analisis Kuantitatif Dilengkapi Dengan Tutorial SPSS. Surakarta: Al-Es’af University Press.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media,.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan. Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty.

Sumarwan, Ujang. 2010. Pemasaran Strategik. Bogor: IPB.

Swastha, Basu. 2003. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy dan Irawan. 2012. Total Kualiti Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action. Jakarta.

Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahjono. 2010. Manajemen Pemasaran Bank. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i2.1096

Article Metrics

Abstract views: 574 | PDF views: 542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics