Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah

Sumaryanto Sumaryanto(1*) , Erni Widajanti(2) , Nani Irma Susanti(3)


(1) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(2) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tuntutan pekerjaan wanita pada dasarnya selalu ingin tampil cantik, menarik dan sempurna, sehingga kosmetik diciptakan untuk menambah kepercayaan diri wanita. Kosmetik seolah menjadi kebutuhan primer bagi kaum wanita, mengingat sebagian besar wanita, mempercantik diri dengan merias diri dan merawat tubuh sebagai kebutuhan dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah. Ruang lingkup penelitian ini adalah penelitian survei pada mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Sampel penelitian yang digunakan sebesar 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Keywords


harga, kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Aini, Eni Nur., & Andjarwati, Anik Lestari. 2020. "Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian". Bisnis : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol 8 (1), hal 17-27.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Anonim. 2019. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Rajawali Gramedia Putaka Utama. Jakarta.

Astuti, Rahma. Nia dan Andri Nurtantiono. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Nature Leaf pada Remaja di Surakarta". Jurnal Ekobis Dewantara, Vol 4 (1), hal. 20–31.

Effendi, Uchjana. 2016. Psikologi Konsumen. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Fajar, Laksana, 2017. Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Fitriana, Yandri Sudodo dan Lukmanul Hakim. 2019. "Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame". Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No 1, hal 1-8.

Ghozali, Imam. 2018. Analisis Multivariate dengan program IBSM SPSS 24. Universitas Diponegoro. Semarang.

Harahap, DA, Ratih Hurriyati, V. Gaffar and D. Amanah. 2018. "The Effect of Location and Products Completeness to Consumer Buying Decision of Small and Medium Enterprise Market". Proceedings OF THE 2Nd Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship, pp. 30–33.

Hasan, Ali. 2016. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Caps (Center For Academic Publishing Service. Yogyakarta.

https://compas.co.id/article/data-penjualan-wardah, 6April 2021

Hulima, Jihan Shafira Prameswari, Djurwati Soepono dan Maria V.J. Tielung. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Wardah di Kota Manado". Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 9 No 2, hal 1167–1177.

Kotler, Philip.,dan Amstrong, Garry. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kumalasari, Pradiska Tri, Abdul Kodir Djaelani dan Afi Rahmat Slamet. 2021. "Pengaruh Implementasi Strategi Promosi Produk, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Wardah Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswi FEB Universitas Islam Malang)". Jurnal Riset Manajemen Unisma, Vol 10 No 12, hal 101–111.

Lupiyoadi, Rambat 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Merlianti, Tania dan Nina Lelawati. 2021. "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Iklan dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro". Jurnal Manajemen Diversifikasi, Vol 1 No 4, hal 816–830.

Muryati dan Ade Jermawinsyah Zebua. 2021. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc". Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol 21 No 2, hal 748–753.

Nurdin, Sahidillah, dan Nilam Cahya Pika Setiani. 2021. "Penggunaan Label Halal dan Harga dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik". Jurnal Sain Manajemen, Vol 3 No 2, hal 111–122.

Nurmalasari, Dias dan Budi Istiyanto. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta". Jurnal Sinar Manajemen, Vol 08 No 1, hal 42–49.

Pradana, Dedhy, Syarifah Hudayah dan Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol 21 No 2, hal 748-753.

Rangkuti, Fredy. 2015. Teknik Pembenahan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sari, Rendika Putri Kartika dan Ida Aryati Rachmi Widayanti. 2019. "Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret di Surakarta". Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol 3 No 1, hal 14-22.

Septiyani, Rizka, Sri Rakhmawati dan Budiasih. 2019. "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Celebrity Endorser dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah". Prosiding Seminar Nasional, hal. 195–209.

Sopiah dan Etta Manang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Bumi Aksara Jakarta.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi: Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suryani, Tatik. 2014. Perilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Jakarta.

Susanto, AB. dan Himawan Wijarnako. 2014. Power Branding:Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Quantum Bisnis dan Manajemen. Jakarta.

Thousani, Frima. Hifzan, Aminudin Aziz dan Eva Mirza Syafitri. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga)". Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 8 No 2, hal 86–92.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Jasa-Prinsip dan Penerapan. Erlangga. Jakarta.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Wenas, Rudy., Hendra Tawas dan Aveline Rumengan. 2015. "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado". Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 3 No 2, hal 684–694.

Widyanto, Irfan dan Albetris. 2021. "Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah pada PT. Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian)". J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains). Vol 6 No 1, hal 138-147.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1256

Article Metrics

Abstract views: 2819 | PDF views: 2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics