Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Brand Awareness Dan Kepercayaan Dalam Mempengaruhi Keputusan Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Indriati Boyolali

Susana Kristianawati(1*) , Lilis Sulistyani(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui menguji dan menganalisis secara empiris Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Brand Awareness dan Kepercayaan Dalam Mempengaruhi Keputusan Kunjungan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Indriati Boyolali.

Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan periode pengamatan bulan Mei 2023. Data yang digunakan adalah data primer dengan sampel sebanyak 100 pasien/keluarga pasien rawat jalan Rumah Sakit Indriati Boyolali. Metode analisis data menggunakan teknik uji validitas, uji reliabilitas, uji liniertas, uji partial (uji t), uji analisis jalur, uji serempak (uji F), dan uji R square.

Hasil penelitian secara parsial digital marketing  berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, kepercayaan dan keputusan kunjungan, Brand awareness berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan kunjungan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Indriati Boyolali. Nilai R2 square total sebesar 0,9983 yang artinya variabel keputusan  kunjungan  pasien rawat jalan di Rumah Sakit Indriati Boyolali dijelaskan oleh digital marketing dengan brand awareness dan kepercayaan variabel intervening sebesar  99,83% dan sisanya sebesar 0,17% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian misal kualitas pelayanan, promosi, dll. Pengaruh langsung digital maketing terhadap keputusan kunjungan lebih besar daripada pengaruh tidak langsung melalui brand awareness dan kepercayaan. Hasil uji sobel membuktikan bahwa variabel kepercayaan terbukti sebagai pemediasi semu.


Keywords


Digital Marketing, Brand Awareness, Kepercayaan, Keputusan Kunjungan Pasien

Full Text:

PDF

References


Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153.

Andriant, Berlin. 2022. Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bund’s Pizza. Indonesian Journal of Law and Economics Review Vol 16 2022: August.

Anik Lestari Andjarwati dan Eka Chusniartiningsih. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol. 5, No. 2. Pp. 189-202.

Arsita. Eny Eva. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Surabaya

Asri Oktiani dan Rozy Khadafi. 2018. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Serta Word Of Mouth Terhadap Brand Trust Dan Pembentukan Brand Loyalty Pada Pelanggan C’bezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING). Volume 1 Nomor 2. e-ISSN : 2597-5234. Pp. 269- 282.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembelian. Alfabeth. Bandung.

Cahyani, Khoiriyah Indra dan Endang Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal.ISSN:2252-6552.

Chaffey, Dave dan Fiona Ellis Chadwick. 2016. Digital Marketing: Strategy,Implementation and Practice. Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.

Dedi Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1. No.1.

Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony. 2017, Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta, Andi.

Fadhila Nurul Aini dan Diansyah, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening di Klinik Syifa Medical Center. Media Studi Ekonomi Volume 21 No.1 Januari - Juni 2018.

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. 2020. Pengaruh Digital Marketing pada Peningkatan Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gima Sugiama dan Emmanuel Febiano. 2017. Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha. Volume 17, Nomor 1. Pp 1-14.

Hamelin, N.D., Nikolis, A., Armano, J., Harris, P.G., & Brutus, J.P. 2012. Evaluation off Actors Influencing Confidence and Trust in The Patientphysici an Relationship : A Survey of Patient in a Handclinic. Chir. Main, 31-83.

Kotler, Philip & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Krisnawati, D. 2016. Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian AMKD Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1).

Maharani, A.D. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (tidak diterbitkan).

Markerter, S. 2017. Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan Kelemahannya. SEO Market Digital Marketing.

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. 1995. An Integrative Model of Organizational Trust. Academy of management review, 20(3), 709-734.

Millennium, Alicia Sastra, I Wayan Suardana dan I Made Kusuma Negara. 2017. Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) Vol. 9 No. 1.

Mukhsoni, Sellyna Afwa. 2022. The Mediating Role of Trust, Brand Image, and Brand Awareness of The Effect of Social Media Marketing on Purchase Intention. International Conference on Sustainable Competitive Advantage.

Mukhlis. 2012. Pengaruh Kepuasan Layanan terhadap Minat Beli Ulang Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Tanjung Pura tahun 2012. Tesis Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara

Pangestika, W. 2018. Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui.

Pebrianti, Wenny, and Muhammad Awal. 2020. Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. 11(1):48–56

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka vol 11, 46-53

Pradipta, Dicho, Kadarisman Hidayat dan Sunarti. 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Kartu Perdana simPATI Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang), (Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 34 No. 1. Pp. 141.

Prawirohardjo S. 2010. Ilmu Kebidanan. 4 ed. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Purwana ES. Dedi, Rahmi, dan Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM Vol.1 Np.1:1-17.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rachmadi, Tri. 2020. The Power of Digital Marketing.

Sampeluna, Noviana, Balqis dan Aslah Hamzah. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan PemanfaatanPelayanan Kesehatan Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Sangadji, Etta Mamang; Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Schiffman dan Kanuk. 2016. Perilaku Konsumen. PT. Indeks: Jakarta.

Sekarsari, Nanda Risna, Henny Welsa, dan Ambar Lukitaningsih. 2022. Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 7, No. 3.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Setiyowati, Yunita Dwi, Syahrir A. Pasinringi dan Irwandy. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Jalan Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di RS Universitas Hasanuddin. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Siagian, Hotlan., Cahyono, Hotlan. 2014, Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 8 No 2.

Siahaan, Herlina Debby & Yuliati, Ai Lili. 2016. Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Secret di PVJ Bandung). ISSN : 2355-9357. eProceeding of Management : Vol.3, No.1. Pp. 497-505.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Syahidah, R. A. 2021. Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Local di Masa Pandemic Covid 19. HUMANIS, 1 (2).

Syihab, Muhammad Zuhdi dan Dimas Angga Negoro. 2023. The Influence of Digital Marketing in Building Brand Awareness Against Purchasing Decisions and Sales Volume. Jurnal Pendidikan Tambusai. Halaman 4672-4678 Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023.

Tanudjaya, P. K. 2014. Pengaruh Kulitas Pelayanan Klinik Gigi. 39–60.

Tresnawati, dan Prasetyo. 2018. Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika's Catering di Media Sosial. Profesi Humas, Volume 3, 103.

Wandari, Lita Ayu. 2014. Pengaruh City Branding Shining Batu Terhadap City Image dan Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 16 No. 1.

Wijaya Stephani dan Agus Kusnawan.2022. Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2022, 2 (2).




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v10i2.1633

Article Metrics

Abstract views: 98 | PDF views: 58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics