Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup, Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Pada Mobil Listrik Di Madiun
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh persepsi konsumen, gaya hidup, dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap minat beli pada mobil listrik Di Madiun penelitian ini berjumlah 385 responden. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan alat uji berupa software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya hidup dan Elektronik Word Of Mounth (E-WOM) berpengaruh positf dan signifikan terhadap minat beli, sdangkan persepsi konsumen tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Persepsi konsumen tidak berpengaruh positif terhadap minat beli mobil listrik di Madiun. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen mobil listrik di Madiun. Elektronik Word Of Mounth (E-WOM) berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen terhadap mobil listrik di Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). the Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Interest To Buy Oriflame Consumers in Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi , 7(1), 131–140. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22291
Aliva Rahma, D., Hartono, & Nawangsih. (2023). Analisis Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Smartphone Apple pada Kalangan Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang. Of Organization and Bussiness Management, 5, 266–273.
Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. E-Proceeding of Management, 8(2), 2074–2082.
Anisa, N. A., & Widjatmiko, A. G. (2020). Electronic Word of Mouth (E-Wom) , Celebrity Endorsement Dan Gaya Hidup Pada Minat Beli Produk Online Shop. Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), 1514–1522. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i10.480
Ardhianti, D., & Kusuma, P. J. (2023). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang (Body Scrub Scarlett Di Aplikasi Shopee). Jurnal Maneksi, 12(4), 950–962. https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.2026
Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53–62.
Dana, A. S. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Beli Produk Jasa Hiburan Dan Rekreasi Di …. Skripsi Pendidikan Ekonomi. FE–Universitas Negeri ….
Ghozali. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2021). Metode Penelitian.
Ghozali, I. (2018b). “‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.’” Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018c). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Vol. 1, Issue 1).
James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). 済無No Title No Title No Title. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 1–16.
Lemeshow. (1990). Metode penelitian.
Lombogia S J, Santoso T, & Marchyta N K. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Penggunaan Layanan Langganan Aplikasi Streaming Musik Online Youtube Pada Generasi Milenial. Agora, 9(1), 1–6. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10991
Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. Performa, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528
Mardikaningsih R and Darmawan D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi, dan Kelompok Acuan terhadap Minat Kunjung Kembali Tujungan Plaza Surabaya. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 43–48. file:///D:/Download/233-Article Text-871-2-10-20220628.pdf
Mustofa, A. N., & Wiyadi, W. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 136–147. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3875
Nur, Y. (2022). The Effect of Lifestyle, Brand Image, and Product Quality on Iphone Purchase Decisions. Jurnal Economic Resources, 5(2), 443–455. https://id.fxssi.com
Nurfaizal, A. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian WiFi Indihome di Kelurahan Kalidoni Kota Palembang. Seminar Nasional Teknik, 4(1).
Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619–630. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.616
Putra, R. H., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Gaya Hidup, Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Kasus Di Kabupaten Ponorogo). Seminar Inovasi Manajemen Dan Akuntansi (SIMBA), 5(September).
Rani, P., Chakraborty, M. K., Sah, R. P., Subhashi, A., Disna, R., UIP, P., Chaudhary, D. P., Kumar, A.., Kumar, R. R., Singode, A., Mukri, G., Sah, R. P., Tiwana, U. S., Kumar, B., Madhav, P., Manigopa, C., Z, A. H., Anita, P., Rameshwar, P. S., … Kumar, A. (2020). No Titleالأنا والآخر ودوي زالغرب. Range Management and Agroforestry, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Rehansyah, F., & Simatupang, L. N. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen, 7(2), 20–32. https://doi.org/10.54964/manajemen.v7i2.244
Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. Jurnal Benefit, 3(1), 31–45.
Schindler, R. C. dan P. S. (2017). Desain Penelitian.
Shije, P. R., & Fitriyah, Z. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Perceived Value On Purchase Intention On Uniqlo Products In Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 6095–6101. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian.
Wulandari, E., Sumar, & Altin, D. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Pawon Steak Pangkalpinang. CEBONG Journal, 3(1), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1721
Article Metrics
Abstract views: 418 | PDF views: 205Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |