Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup, Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Pada Mobil Listrik Di Madiun

Rizal Ula Ananta Fauzi(1*) , Dian Citaningtyas Ari Kadi(2) , Assaduddin Mazda Fuadya(3)


(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini  untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh persepsi konsumen, gaya hidup, dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap minat beli pada mobil listrik Di Madiun penelitian ini berjumlah 385 responden. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan alat uji berupa software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya hidup dan Elektronik Word Of Mounth (E-WOM) berpengaruh positf dan signifikan terhadap minat beli, sdangkan persepsi konsumen tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Persepsi konsumen tidak berpengaruh positif terhadap minat beli mobil listrik di Madiun. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen mobil listrik di Madiun. Elektronik Word Of Mounth (E-WOM) berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen terhadap mobil listrik di Madiun.


Keywords


Persepsi Konsumen, Gaya Hidup, Elektronik Word Of Mounth (E-WOM), Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). the Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Interest To Buy Oriflame Consumers in Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi , 7(1), 131–140. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22291

Aliva Rahma, D., Hartono, & Nawangsih. (2023). Analisis Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Smartphone Apple pada Kalangan Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang. Of Organization and Bussiness Management, 5, 266–273.

Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. E-Proceeding of Management, 8(2), 2074–2082.

Anisa, N. A., & Widjatmiko, A. G. (2020). Electronic Word of Mouth (E-Wom) , Celebrity Endorsement Dan Gaya Hidup Pada Minat Beli Produk Online Shop. Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), 1514–1522. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i10.480

Ardhianti, D., & Kusuma, P. J. (2023). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang (Body Scrub Scarlett Di Aplikasi Shopee). Jurnal Maneksi, 12(4), 950–962. https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.2026

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53–62.

Dana, A. S. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Beli Produk Jasa Hiburan Dan Rekreasi Di …. Skripsi Pendidikan Ekonomi. FE–Universitas Negeri ….

Ghozali. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2021). Metode Penelitian.

Ghozali, I. (2018b). “‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.’” Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018c). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Vol. 1, Issue 1).

James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). 済無No Title No Title No Title. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 1–16.

Lemeshow. (1990). Metode penelitian.

Lombogia S J, Santoso T, & Marchyta N K. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Penggunaan Layanan Langganan Aplikasi Streaming Musik Online Youtube Pada Generasi Milenial. Agora, 9(1), 1–6. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10991

Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. Performa, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528

Mardikaningsih R and Darmawan D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi, dan Kelompok Acuan terhadap Minat Kunjung Kembali Tujungan Plaza Surabaya. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 43–48. file:///D:/Download/233-Article Text-871-2-10-20220628.pdf

Mustofa, A. N., & Wiyadi, W. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 136–147. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3875

Nur, Y. (2022). The Effect of Lifestyle, Brand Image, and Product Quality on Iphone Purchase Decisions. Jurnal Economic Resources, 5(2), 443–455. https://id.fxssi.com

Nurfaizal, A. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian WiFi Indihome di Kelurahan Kalidoni Kota Palembang. Seminar Nasional Teknik, 4(1).

Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619–630. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.616

Putra, R. H., & Fauzi, R. U. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Gaya Hidup, Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Kasus Di Kabupaten Ponorogo). Seminar Inovasi Manajemen Dan Akuntansi (SIMBA), 5(September).

Rani, P., Chakraborty, M. K., Sah, R. P., Subhashi, A., Disna, R., UIP, P., Chaudhary, D. P., Kumar, A.., Kumar, R. R., Singode, A., Mukri, G., Sah, R. P., Tiwana, U. S., Kumar, B., Madhav, P., Manigopa, C., Z, A. H., Anita, P., Rameshwar, P. S., … Kumar, A. (2020). No Titleالأنا والآخر ودوي زالغرب. Range Management and Agroforestry, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020

Rehansyah, F., & Simatupang, L. N. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen, 7(2), 20–32. https://doi.org/10.54964/manajemen.v7i2.244

Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. Jurnal Benefit, 3(1), 31–45.

Schindler, R. C. dan P. S. (2017). Desain Penelitian.

Shije, P. R., & Fitriyah, Z. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Perceived Value On Purchase Intention On Uniqlo Products In Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 6095–6101. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian.

Wulandari, E., Sumar, & Altin, D. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Pawon Steak Pangkalpinang. CEBONG Journal, 3(1), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1721

Article Metrics

Abstract views: 418 | PDF views: 205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics