Strategi Mengoptimalkan Kinerja Guru Dengan Evaluasi Motivasi Dari Aspek Kompetensi Profesional, Kedesiplinan Dan Kecerdasan Emosi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui strategi mengoptimalkan kinerja guru dengan evaluasi motivasi dari aspek kompetensi profesional, kedesiplinan dan kecerdasan emosi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji reliabilitas dan uji validitas, analisis jalur, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali sejumlah 40 orang dengan teknik sensus. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru. Kedisiplinan guru berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi guru. Kecerdasan emosi guru berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi guru. Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kedisiplinan guru berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Kecerdasan emosi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Nilai R2 total sebesar 0,503 artinya kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali dijelaskan oleh kompetensi profesional, kedisiplinan, kecerdasan emosi dan motivasi guru sebagai variabel intervining sebesar 50,3% dan sisanya sebesar 49,7% dijelaskan variabel lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji secara serempak (uji F) pada persamaan pertama diketahui besarnya nilai F = 4,114 signifikansi 0,013 < 0,05. Hasil uji secara serempak (uji F) pada persamaan kedua diketahui besarnya nilai F = 17,639 signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis jalur dengan memperhatikan pengaruh langsung dan tidak langsug dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kinerja guru merupakan jalur yang paling dominan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Wahyudi, Partono Thomas, Rediana Setiyani. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2017
Agus Wibowo. 2017. Pendidikan Karakter, Strategi membagun Karakter Bangsa Berperadapan. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.
Ali Tafriji Biswan. Peran Mediasi Motivasi Kerja pada Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai Pemerintah. Matrik Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 13 No. 2 Agustus 2019 hal 204-213
Andri Priadi. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru. Semarak,Vol. 1, No.3,Oktober 2018, Hal (62-77).
Arief Rachman, Achmad Fauzi, Sri Maulidia Permatasari, Amri Darwis. Pengaruh Kompetensi Guru dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening di SMK Swasta Kota Bekasi. Scientific Journal of Reflection Vol. 4 No. 3 July 2021
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arends, Richard I. 2018. Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta : Salemba Humanika.
Bambang Sulistyo, Maria Magdalena Minarsih, M Mukeri Warso. 2023. Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Kedisiplinan Guru, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Masehi Jepara. Journal of Management, Volume 2 No.2 Maret 2023.
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2018. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA
Budi Poniman Endang Saranti. 2017. Pengaruh Kedisiplinan, Budaya Organisasi dan Komptensi terhadap Motivasi dan Kinerja Karawan Perusda “Pedaringan” Surakarta. ProBank : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Vol. 2 No. 1 Tahun 2017 hal -24
Darmawan Harefa. 2020. Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika atas Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development Vol. 8 No. 3 Edisi Agustus 2020.
Efendi, V.A & Sutanto, E.M. 2018. Pengaruh faktor-faktor Kecerdasan Emosional Pemimpin Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan.Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Eva Puspita Vani, Ahmad Rizki Sridadi. 2020. Pengaruh Disiplin terhadap Kinerja Guru SMPN di Kecamatan X dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Analisi, Prediksi dan Informasi (Jurnal EKBIS) Vol. 21 No. 1 Tahun 2020
Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2017. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta : Teras.
Ghozali, Imam. 2023. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, A. 2018. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering dnd Science. 4, 01-12.
Hardianti, L.W. 2018. Disiplin Kerja Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) Kota Solok. Jurnal Administrasi Pendidikan 2(1): 389-395.
Hasibuan, Malayu S.P, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hidayatullah, M. Furqon. 2017. Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Ceras. Surakarta : Yuma Pustaka.
Hussin, A. A. 2018. “Education 4.9 Made Simple: Ideas For Teaching”. International Journal of Education & Literacy Studies, 6(3), 92-98
Jais, Mohammad. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Kerja Guru Pada Sekolah Binaan. Jurnal Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Jurnal JP3 Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021 hal. 140-147
Jamal Ma’ruf Asmani. 2018. Tips Menjadi Guru Inpsiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Jeine K. Turangan. 2017. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Profesionalisme terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1402 –1411.
Koswara, Rasto. 2023. Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2023, Hal. 61-71.
M. Alhudhori, Wahyu Aldino. 2017. Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin terhadap Motivasi Kerja serta Dampaknya ada Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Bersaudara Kabupaten Bungo. J-MAS Vol. 2 No 1 April 2017 hal. 23-32
M. Khafit Ashar, Siti Mujanah, Murgianto . 2019. “Pengaruh Kompetensi, Dukungan Organisasi, Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Yayasan Pendidikan Cendekia Utama Surabaya”.Global. Vol. 04, No. 01. Tahun 2019.
Maria, M., Shahbodin, F., dan Pee, N. C. 2023. Malaysian higher education system toward industry 4.0 – Current trends overview. Proceeding of the 3 rd International Conference on Applied Science and Technology (AIP Publishing), 1-7.
Mulyasa. 2018. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2018. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2018. Bandung: Remaja Rosdakarya
Priansa, Donni Juni. 2018. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung : Alfabeta.
Raka Kumarawati, Gede Suparta, Suyatna Yasa. Pengaruh Motivasi terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Jagadhita Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol. 4 No. 2 September 2017 Hal. 63-75’
Ramli, Soehatman. 2018. Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.
Rivai, Veithzal. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi ke 6. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Rosmaini, Hasrudy Tunjung. Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol. 2 No. 1 Maret 2019, 1-15
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2018. Konsep Strategi Pembelajaran. Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama.
Supardi. 2018. Kinerja Guru. Jakarta : PT Ragrafindo Persada
Supranto, J, 2020. Analisis Multivariat: Arti dan interpretasi, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Sutrisno, Edy. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Tamzil Yusuf, Gita Suci. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi. http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/geoekonomi hal 117-131 diakses tanggal 2 Januari 2021.
Titin Eka Ardiana. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, VOL. 17, NO. 02, JANUARI 2017 hal 14-23.
Uno, Hamzah B. Uno. 2018. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uray Suryadi. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT PLN Area Singkawang. Jurnal Manajemen Motivasi hal 352-358
Usman H. dan Akbar, P.S. 2021. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, Imam. 2017. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Weny Oktariani, Sri Wahyu Lelly Hana Setyanti, Sumani. Pengaruh Kecerdasan Emosiona dan Kecerdasan Spiritual serta Kepribadian terhadap Kinerja Karyawan pada PT BTN (Persero) Tbk. Cabang Jember. Bisma Jurnal Bisnis Manajemen Vol. 10 No. 2 Mei 2023 Hal. 144-155
Wibawa, S. 2018. Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia “7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2018”, https://www.kemdikbud.go.id/ diakses pada 1 Mei 2019
Yanuarius Seran Fahik, Wahyono, Amin Yusuf. Peran Mediasi Motivasi Kerja dan Stres Kerja atas Pengaru Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah teradap Kinerja Guru. Educational Management Vol. 5 No. 2 Tahun 2023. Hal. 163 -175
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1722
Article Metrics
Abstract views: 56 | PDF views: 57Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent | View Statistics |