Dampak Pembelian Impulsif Atas Pembelian Online Produk Shopee (Survey pada Karyawan PT Fahrenheit Tangerang )
(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan service quality secara parsial maupun simultan terhadap impulse buying dalam pembelian secara online produk shopee (survey pada karyawan PT. Fahrenheit Tangerang). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Uji analisis menggunakan deskriptif, validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan sales promotion berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying didapat nilai t hitung pada variabel independen sales promotion sebesar 4.032745 lebih besar dari pada t tabel yaitu 1,98793 dengan nilai probability sebesar 0.0001 lebih kecil dari tingkat kesalahan (alpha) 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara sales promotion terhadap impulse buying. Sedangkan service quality berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying didapat nilai t hitung pada variabel independen service quality sebesar 3.993716 lebih besar dari pada t tabel yaitu 1,98793 dengan nilai probability sebesar 0.0001 lebih kecil dari tingkat kesalahan (alpha) 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara service quality terhadap impulse buying. Nilai Prob (F-statistik) sebesar 0.000000 dimana nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikan, yaitu 0,05 sedangkan untuk F tabel adalah 3,10. Dari hasil regresi di atas dapat dilihat bahwa nilai F hitung 33.70012 > nilai F tabel 3,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara sales promotion dan service quality terhadap impulse buying dalam pembelian secara online produk shopee (survey pada karyawan PT. Fahrenheit Tangerang). Dan nilai determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,442258 atau sebesar 44,22% sedangkan sisanya sebesar 55,78% dipengaruhi oleh faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahdiat, A. (Eds.). (2022, Nopember 21). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal II 2022. Retrieved Desember 2022, from Home > Produk Konsumen: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-ii-2022
Amos, C., Holmes, G. R., & Keneson, W. C. (2014). A meta-analysis of consumer impulse buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(2), 86-97. doi:10.1016/j.jretconser.2013.11.004
Anhar, M., & Kalsum, S. U. (2016). Penerapan Metode Service Quality & Quality Function Deployment (QFD) dalam Upaya Peningkatan Pelayanan kepada Mahasiswa Politeknik Ketapang. Jurnal Sistem Teknik Industri, 18(2), 75-83. doi:10.32734/jsti.v18i2.352
Dang, H. T. (2021). Improving e-commerce service for better customers' satisfaction case: Shopee Viet Nam. Finlandia: Tampere University of Applied Sciences (TAMK).
Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM Statistik SPSS 25 (9th Ed.). Semarang: BPFE.
Handoko, T. H. (2018). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hanny, R., & Krisnawati, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian AC Merek Daikin pada PT Penta Mitra Aircon Karawaci. Journal of Management, Business and Education, 9(2), 133-144. doi:10.36587/exc.v9i2.1359
Hasibuan, M. S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke-25) (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, E. W. (2016). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying. Fakultas Ekonomi dan Bisnis . UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Husain, T., & Budiyantara, A. (2020, June 30). Analysis of Control Security and Privacy Based on e-Learning Users. SAR Journal, 3(2), 51-58. doi:10.18421/SAR32-01
Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 5(2), 291-293. doi:10.33480/jitk.v5i2.614
Jamil, M. S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Store Atmosphere Dan Positif Emotion Terhadap Impulse Buying. E-logis: Jurnal Ekonomi Logistik, 3(1).
Khotimah, K. (2021). Pengaruh Ulasan Online Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jurusan Perbankan Syariah Angkatan 2016). Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Perbankan Syariah. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15 ed.). England: Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17 ed.). United Kingdom: Pearson.
Kraus, K., Kraus, N., & Buzhdyhan, K. (2022, May). Fourth industrial revolution as a driver of the digitalization of production and urbanization. VUZF review, 7(1), 177-191.
Kurniawan, D., & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8.
Maley, N. M., Fanggidae, R. P., & Kurniawati, M. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Motif Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna Shopee (Study Pada Mahasiswa FEB Undana). GLORY: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 3(2), 123-141. doi:10.35508/glory.v3i2.7718
Muruganantham, G., & Bhakat, R. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3), 149-160. doi:10.5539/ijms.v5n3p149
Ningsih, D. (2018). Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Impulse Buying Secara Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Ekonomi Syariah. UIN SATU Tulungagung.
Rahayu, B. S., & Saputra, O. A. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Throox Store Solo. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 54-64.
Ruslaini. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying ditinjau dari Perilaku Konsumsi Islam (Studi Kasus Pada M98shop Jamik Kota Bengkulu). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (8 ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (2, Cet. 3 ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Survei konsumen pada jejaring sosial). Jurnal Manajemen, 8(1), 20-41.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1728
Article Metrics
Abstract views: 86 | PDF views: 57Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |