Kajian Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan : Literature Review

Ardhan Dwi Fa`it(1*) , Marisma Catur Rahayuningtyas(2) , Anggit Dyah Kusumastuti(3)


(1) Universitas Sahid Surakarta
(2) Universitas Sahid Surakarta
(3) Universitas Sahid Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra merek dan kualitas pelayanan adalah hal terpenting dalm membentuk loyalitas pelanggan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan dari citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Aerostreet. Citra merek membuat konsumen dapat membedakan antara suatu produk dengan lainnya dan dapat memutuskan melakukan pembelian atau tidak. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan suatu hal penting bagi perusahaan untuk mendukung keberlangsungan perusahaan. Pelanggan yang loyal akan melakukan repeat order. Metode dalam penulisan artikel ini yaitu literature riview. Pencarian literature menggunakan database google schoolar. Pada tahap awal pencarian artikel jurnal diperoleh lebih dari 10 artikel dari tahun 2014 sampai 2024 dengan kata kunci “citra merek, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, literature riview”. Dari jumlah diatas telah dipilih 10 artikel yang telah dituliskan pada tabel 1 untuk dijadikan acuan pada penulisan artikel ini. Tahap selanjutnya adalah mengevaluasi artikel yang dipilih, dengan cara membandingkan isi dari artikel-artikel tersebut. Langkah terakhir yaitu membuat kesimpulan berdasarkan tahap-tahap sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan.


Keywords


Citra merek, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Literature Review

Full Text:

PDF

References


Armayanti, A. S. (2019). Terhadap Loyalitas Pelanggan Analysis of Product Quality , Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction Clinic Beauty and Effect on. E-Proceeding of Management, 6(1), 131–138.

Dennisa, E. A., Santoso, S. B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Gabrielle, N., & Harjati, L. (2019). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA. Manajemen Pemasaran, 8(1), 55–70. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/590

Hanny, H., & Krisyana, K. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe di kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1115–1129. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.703

Indrawan, D., Rahmawati, G., Oktaviana, I., & Ismiati, S. (2022). Model Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Literatur Review Manajemen Pemasaran). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 240–253. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Lubis, I. O., & Suwitho. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(5), 1–17.

Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1674–1700.

Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Ramadhoni, Z., & Purwanto, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Varian Produk, Harga, Endoser Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Ayam Geprek Bensu Mojokerto. In Jurnal Ilmu Manajemen (BION) (Vol. 1, Issue 1, pp. 9–20).

Sinaga, alfi ranita. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pelanggan KFC Metrocity Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 1–19.

Sindarto, J., & Ellitan, L. (2022). Peran citra merek dalam membangun kepuasan dan loyalitas konsumen: sebuah kajian teoritis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3794–3807.

Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239.

Tarigan, T. P., & Setyanto, E. (2024). The Influence of Brand Image , Product Quality and Service Quality on Ventela Customer Loyalty at Bekasi Timur District Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur. 3(1), 56–75.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1748

Article Metrics

Abstract views: 238 | PDF views: 200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics